Revitalisasi Pasar Gembrong

Anies Baswedan Sebut Revitalisasi Pasar Gembrong Mulai Pekan Depan dengan Konsep Ramah Lingkungan

Jelang pensiun Gubernur DKI Anies Baswedan terus melayani dengan baik. Dia pun masih berniat merevitalisasi Pasar Gembrong secepatnya.

Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelang pensiun tetap bertekad merevitalisasi Pasar Gembrong yang ludes terbakar. Malah Anies ingin pasar itu dibangun dengan konsep ramah lingkungan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan merevitalisasi Pasar Gembrong, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur yang terbakar beberapa waktu lalu.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini menyebut, proses revitalisasi akan dilakukan secara bertahap.

“Insya Allah pengerjaan revitalisasi kawasan ini segera dilaksanakan secara estafet mulai minggu depan, dengan menggelar koordinasi serta kolaborasi yang melibatkan berbagai pihak, mulai dari Basnas Bazis DKI Forkompinda, perwakilan warga, juga pihak swasta,” kata Anies yang dikutip dari akun Instagram miliknya @aniesbaswedan, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Mieke Wijaya Sempat Lebaran di Rumah, Kondisi kian Menurun setelah Keluar dari RSPAD

Anies mengatakan, revitalisasi ini akan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan, memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan, ramah lingkungan, dan sesuai dengan kebutuhan warga.

Dengan demikian, warga yang terdampak kebakaran, dapat kembali menempati hunian yang lebih baik.

Selain melakukan revitalisasi fisik bangunan, ke depan pemerintah juga akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang seat dan asri.

Seperti sanitasinya, pencahayaan, ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungannya, sehingga saat mereka menempati kawasan yang sudah direvitalisasi, warga memiliki gaya hidup dan kebiasaan baru, khususnya untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi.

Kondisi rumah warga pada Senin (25/4/2022) sekira pukul 09.00 WIB, setelah kejadian kebakaran di Pasar Gembrong Jakarta Timur, Minggu (24/4/2022).
Kondisi rumah warga pada Senin (25/4/2022) sekira pukul 09.00 WIB, setelah kejadian kebakaran di Pasar Gembrong Jakarta Timur, Minggu (24/4/2022). (Warta Kota/Rendy Rutama)

“Kemarin kami juga memberikan bantuan berupa makanan cepat saji, yakni sejumlah paket nasi biryani untuk mereka. Walaupun tidak seberapa, InsyaAllah dengan ini warga bisa merasakan santapan yang enak untuk lebaran,” ucapnya.

Hal itu diposting Anies usai mengunjungi lokasi kebakaran dan melaksanakan salat Ashar di Mushala Al Hikmah di dekat lokasi. Di sana, Anies melihat tim dapur darurat yang terdiri dari Baznas Bazis, PMI, Dinas Sosial dan relawan lainnya.

“Kami mengajak warga sekitar yang terdampak untuk terlibat dalam proses revitalisasi kawasan tersebut pascakebakaran. Kami ingin mereka ikut menyuarakan aspirasinya, serta menjelaskan kebutuhan revitalisasi kawasannya, agar bisa tetap optimis menyongsong hari esok,” ujarnya.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved