Hasil Uji Laboratorium BPOM Pastikan Kinder Joy yang Beredar di Indonesia Aman, Boleh Beredar Lagi

Hasil pengujian laboratorium BPOM menunjukkan ketiga produk tersebut negatif cemaran Salmonella.

Editor: Yaspen Martinus
ISTIMEWA
Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memastikan produk cokelat merek Kinder Joy di Indonesia, aman dari cemaran Salmonella. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memastikan produk cokelat merek Kinder Joy di Indonesia, aman dari cemaran Salmonella.

Untuk itu, produk tersebut dapat beredar kembali di Indonesia

"Berdasarkan hasil analisis risiko terhadap keamanan pangan produk cokelat merek Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls yang dihentikan sementara waktu peredarannya di Indonesia."

Baca juga: Urai Kemacetan, Jasa Marga Berlakukan Contra Flow di Km 47-Km 70 Tol Jakarta-Cikampek

"Maka dengan ini diumumkan bahwa produk tersebut dapat beredar kembali di Indonesia,  sejak penjelasan publik ini diterbitkan," tutur pihak BPOM lewat keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022).

Masyarakat diimbau menjadi konsumen cerdas dan selalu lakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa), sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan.

Sebelumya, telah dilakukan sampling secara acak dengan mempertimbangkan keterwakilan di wilayah Indonesia, berdasarkan kajian risiko dan pengujian terhadap produk cokelat merek Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls yang terdaftar di Indonesia.

Baca juga: KRONOLOGI KPK Ciduk Bupati Bogor Ade Yasin, Uang Rp1,024 Miliar Diamankan

Hasil pengujian laboratorium BPOM menunjukkan ketiga produk tersebut negatif cemaran Salmonella.

International Food Safety Authorities Network Global Alert (INFOSAN) telah menyampaikan informasi tambahan pada 10 April 2022, bahwa produk cokelat merek Kinder asal Belgia tersebar di 77 negara, namun tidak termasuk di Indonesia.

Keseluruhan produk cokelat merek Kinder yang ditarik di luar negeri tersebut tidak terdaftar di BPOM. (Rina Ayu)

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved