Pelecehan Seksual

Sunan Kalijaga dan Barbie Kumalasari Imbau Perempuan Harus Berani Lapor ke Polisi Jika Dilecehkan

Pengacara Sunan Kalijaga memiliki perhatian besar di bidang perlindungan hukum bagi wanita. Dia peduli pada kasus pelecehan seksual.

warta kota/indri fahira
Pengacara Sunan Kalijaga bersama wanita cantik mengimbau kaum perempuan untuk peduli dan tak takut lapor polisi jika dilecehkan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Setiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini, bentuk penghormatan kepada Raden Adjeng Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan di Indonesia.

Dalam memperingati Hari Kartini, pengacara kondang, Sunan Kalijaga mengajak perempuan di Indonesia untuk berani bersuara di depan publik.

Baca juga: Perankan Gepeng di Film Srimulat Hil yang Mustahal, Bio One: Walau Tidak Mirip, Setidaknya Mendekati

“Saya bersama para wanita hebat di sini ingin menegaskan perjuangan Ibu Kartini untuk harkat dan martabat wanita Indonesia harus selalu kita jaga,” ungkap pria yang memiliki dua anak ini saat ditemui Wartakotalive.com di Mal Senayan City, Jakarta Selatan, Sabtu (23/4/2022).

Sebagai pengacara yang sering menangani klien korban kekerasan seksual, Sunan mengungkapkan sudah seharusnya masyarakat Indonesia bersama-sama menjaga harkat dan martabat perempuan.

“Hampir 90 persen klien saya adalah wanita. Mereka menjadi korban kekerasan rumah tangga, eksploitasi, dan pelecehan seksual. Saya pikir tahun 2022 ini sudah seharusnya tidak ada lagi korban masalah tersebut,” imbuhnya.

Menurut Sunan, masih banyak oknum dari orang awam atau ahli hukum yang mengeksploitasi, merendahkan, dan melecehkan perempuan Indonesia.

Baca juga: Sebelum Mudik Lebaran, Urus dulu SIM Keliling biar Aman dan Nyaman, Simak Lokasinya di Jabodetabek

Sunan menghaturkan terima kasih karena kegiatan memperingati Hari Kartini ini didukung istri Bambang Soesatyo, Leni Sri Mulyani atau biasa dipanggil Dewi.

Sunan juga menyampaikan pesan dari istri Ketua Majelis Permusyawaratan Republik Indonesia tersebut untuk berani menyuarakan stop merendahkan perempuan.

“Pesan dari Bu Bambang, beliau sudah miris melihat media sosial dan aplikasi yang terkesan vulgar menampilkan pelecehan pada wanita,” tutur Sunan.

“Di sini, teman-teman yang hadir memiliki pengalaman yang sama atau ingin menyampaikan jangan takut ketika mendapati kekerasan, pelecehan, dan eksploitasi,” ucap Sunan sembari menunjuk para perempuan yang hadir di acara tersebut.

Baca juga: Jelang Lebaran, BPTJ Minta Pengusaha Beli Bus Baru agar Pemudik Nyaman dan Aman

Sementara itu, Barbie Kumalasari mengungkapkan, semua perempuan di Indonesia memiliki hak yang dilindungi.

“Jangan takut untuk melaporkan kasus pelecehan, entah dari oknum terkenal atau tidak terkenal. Semua wanita dilindungi haknya,” ungkap mantan istri Galih Ginanjar ini.

Barbie yang bekerja sebagai pengacara ini resah karena adanya oknum yang bangga melecehkan perempuan.

“Seharusnya sebagai public figure atau pengacara mencontohkan hal baik dan tidak berbuat asusila. Sangat meresahkan ada oknum yang membanggakan dirinya dan melakukan tindak asusila pada wanita,” ungkap wanita kelahiran 1982 ini.

Baca juga: Polresta Tangerang Batasi Waktu Istirahat Pemudik di Posko Pelayanan, Maksimal Satu Jam

“Kita menghimbau kepolisian untuk segera menindaklanjuti aksi asusila tersebut. Apalagi jika dilakukan oknum yang punya nama besar,” imbuhnya.

Barbie juga mengajak para perempuan cepat melaporkan ke kepolisian ketika mengalami perbuatan asusila.

Ia berpesan jangan takut dan jangan pernah malu melaporkan pelecehan.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved