Tips Mengambil Pinjaman Online Agar Tetap Aman dan Tidak Merugikan Diri Sendiri

Banyak nasabah yang merasa dirugikan karena mereka tidak membaca secara cermat syarat dan ketentuan.

Editor: Ahmad Sabran
istimewa
Ilustrasi pinjaman online. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Pinjaman online atau biasa disebut dengan pinjol seringkali menjadi alternatif bagi seseorang yang membutuhkan dana dalam jumlah besar untuk waktu yang singkat.

Saat ini, pinjaman online cukup menjamur di masyarakat Indonesia, bahkan, banyak juga ditemui kasus orang-orang yang yang merasa dirugikan dari pinjaman online.

Sebenarnya, apa sih pinjaman online itu? Pinjaman online merupakan sebuah layanan Financial Technology yang menawarkan pinjaman uang, pihak peminjam, dan orang yang mengajukan pinjaman tidak perlu bertemu langsung, semua proses dilakukan secara online.

Sayangnya, hal tersebut banyak dimanfaatkan pihak-pihak kurang bertanggung jawab yang bisa menyebabkan kerugian bagi masyarakat yang meminjam.

Maka dari itu, jika Anda berencana mengambil pinjaman online ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap aman dan tidak ada yang dirugikan.

Simak beberapa tips aman sebelum mengambil pinjaman online yang dihimpun dari beberapa sumber berikut ini:

1.   Pastikan Layanan Pinjaman Online Terdaftar OJK Secara Resmi

Hal paling penting dan harus Anda lakukan sebelum mengambil pinjaman online adalah memastikan layanan pinjaman online yang Anda pilih terdaftar resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Salah satu contoh perusahaan pinjaman online yang aman untuk dipilih adalah Lancar by Danamas. Lancar by Danamas merupakan sebuah perusahaan yang memberikan layanan berupa pinjaman modal usaha bagi pengusaha kecil yang membutuhkan pembiayaan.

Dengan memilih layanan pinjaman online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, tentunya akan memberikan rasa aman dan tenang bagi Anda.

Layanan pinjaman online yang terdaftar OJK jauh lebih aman karena semua kegiatan yang dilakukan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan pastinya tidak akan merugikan konsumen, seperti denda yang tinggi dan lainnya.

Selain itu, mereka yang sudah terdaftar OJK tidak akan mungkin melakukan penipuan dan memberikan bunga yang tidak manusiawi pada nasabahnya.

Baca juga: Mau Hapus Tato Gratis, Silahkan Datang ke Kantor Wali Kota Jakarta Utara

2.   Baca Syarat dan Ketentuan Layanan Pinjaman Online dengan Cermat


Saat Anda mulai melakukan pinjaman online, pastinya ada syarat dan ketentuan yang pihak layanan berikan. Sebaiknya, jangan pernah lewatkan syarat dan ketentuan yang mereka berikan.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved