Jalur Sepeda

Jalur Sepeda di Jakarta akan Ditambah Lagi, Wagub Berharap akan Ubah Kebiasaan Warga

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan memiliki lebih banyak jalur sepeda di tahun 2022.

Wartakotalive/Joko Supriyanto
Jalur sepeda digunakan para pesepeda pada hari Minggu (7/3/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM GAMBIR -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan memiliki lebih banyak jalur sepeda di tahun 2022.

Hal itu diungkapkan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

"Ada (pembangunan). Jadi jalur sepeda akan dibangun panjang sekali di 2022," ucap Ariza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022) malam.

Adapun penambahan jalur sepeda ini sebagai bentuk guna mendukung sepeda menjadi alat transportasi.

Politikus Partai Gerindra ini juga mengatakan bahwa total anggaran yang digelontorkan untuk membangun jalur sepeda sebesar Rp 80 miliar.

"Mungkin anggarannya saya kira di atas Rp 80 miliar lebih mungkin," tambah dia.

Baca juga: Ariza Sebut Pemprov DKI Bangun Jalur Sepeda Sangat Panjang dengan Anggaran Rp 80 Miliar

Pihaknya, kata dia, akan terus berupaya meningkatkan pembangunan khususnya untuk jalur sepeda.

Hal tersebut dilakukan, untuk mendorong masyarakat beralih menjadikan sepeda bukan sekadar jalur sepeda, melainkan sarana transportasi.

"Jalur sepeda ini akan kita tingkatkan. Setiap tahun terus akan kita tambah jumlahnya supaya memberi kesempatan pada pengguna sepeda untuk punya jalur sendiri dan mendorong masyarakat juga menjadikan sepeda sebagai alat rekreasi alat olahraga dan juga alat transportasi," jelas dia.

Meskipun jalur sepeda telah dibentuk, kini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memberikan pengamanan bagi jalur sepeda, langkah ini pun juga disambut positif oleh para pengguna sepeda.
Meskipun jalur sepeda telah dibentuk, kini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memberikan pengamanan bagi jalur sepeda, langkah ini pun juga disambut positif oleh para pengguna sepeda. (Warta Kota/Joko Suprianto)

Sebelumnya diketahui, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menambah pembangunan jalur sepeda sepanjang 109 kilometer di tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengungkapkan bahwa upaya penambahan jalur sepeda ini dilakukan, lantaran telah tertuang dalam Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI tahun 2017-2022.

"Jalur sepeda tahun ini akan dibangun sekitar 190 kilometer. Sehingga, pada akhir tahun ini kita bisa realisasikan sebagaimana yang sudah dituangkan dalam RPJMD," ucap Syafrin kepada wartawan, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (20/1/2022) lalu.

Jalur sepeda 97,77 KM 

Selama 4 tahun memimpin Jakarta, Gubernur Anies Baswedan memaparkan data bahwa pihaknya telah membangun jalur sepeda sepanjang 97,77 kilometer.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved