Gus Baha Puji Gaya Ganjar Artikan Bismillah Ala Kitab Kuning

Gus Baha memuji Ganjar yang mampu mengartikan lafaz bismillahirrahmanirrahim dengan cara membaca kitab kuning ala anak pondokan.

Editor: Ahmad Sabran
HO
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Suasana riang terasa saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sowan ke ulama asal Rembang, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha.

Berkali-kali, Ganjar terlihat tertawa sampai terpingkal-pingkal mendengar cerita Gus Baha yang memang terkenal lucu itu.

Ditemani kopi dan jagung rebus, Ganjar berbincang santai dengan Gus Baha dan sejumlah kyai lain termasuk KH Nawawi di kediaman Gus Baha, Desa Narukan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang, pada Rabu (2/2/2022).

Hampir satu jam lebih Ganjar bercakap-cakap dengan Gus Baha di tempat itu.

"Wah aku ketekan mantu kyai iki (saya kedatangan mantu kyai ini). Mbah Wi (Kyai Nawawi) Pak Ganjar iki putune Mbah Hisyam lho," kata Gus Baha.

Bahkan, Gus Baha mengatakan sudah melihat video Ruang Ganjar di channel YouTube saat peringatan hari santri.

Gus Baha memuji Ganjar yang mampu mengartikan lafaz bismillahirrahmanirrahim dengan cara membaca kitab kuning ala anak pondokan.

"Saya itu lihat videonya pak, enak lho. Arrohmani, arrohimi. Enak tenan pak, sampeyan durung delok ya Pak Wi (bapak belum lihat ya KH Nawawi). Fasih tenan lho, lha iki putune kyai (fasih benar lho, lha ini cucunya kyai)," ucap Gus Baha.

Baca juga: VIDEO : Warga Rela Antre Berjam-jam untuk Tes Covid-19 Drive Thru

Ganjar hanya tertawa mendengar cerita Gus Baha itu. Bahkan, Ganjar merasa pujian dari Gus Baha itu terlalu berlebihan.

"Mboten Gus, kulo malah isin niki (enggak Gus, saya justru jadi malu ini)," ucap Ganjar.   

Ganjar dan Gus Baha cukup banyak membicarakan terkait kehebatan Kyai Hisyam, yang tak lain adalah kakek dari istrinya, Siti Atikoh Supriyanti.

Menurut Gus Baha, Kyai Hisyam adalah ulama yang sangat disegani dan dihormati. Cerita itu membuat Ganjar teringat pada kisah saat keliling di daerah Banjarnegara. Di sana, ada salah satu warga yang dapat bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni.

Dan saat itu, Ganjar melihat ada foto Kyai Hisyam di rumah itu.

Saat tahu kalau Ganjar adalah mantu Kyai Hisyam, orang itu langsung memeluk dan menciuminya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved