Ibu Kota Baru

Ketimbang Ahok, Pelajar dan Mahasiswa Justru Ingin Ridwan Kamil Pimpin IKN Nusantara

Willy Danandityo, Sekjen SAPMA PP, meminta Presiden Jokowi untuk mengangkat Ridwan Kamil jadi Kepala Otoritas IKN Nusantara ketimbang Ahok.

Tribunnews
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) dan istri Atalia Praratya. Nama Ridwan Kamil kian mencuat, selain menjadi capres di Pilpres 2024 juga pemimpin IKN Nusantara. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Calon pemimpin di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur terus disorot publik.

Selain empat nama yang sudah disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Bambang Brodjonegoro, Tumiyana, dan Abdullah Azwar Anas, muncul nama-nama lain.

Seperti Tri Rismaharini, atau yang terbaru Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mendapat dukungan dari kaum pelajar dan mahasiswa yang tergabung di Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP).

Baca juga: Muhaimin Iskandar Mendapat Dukungan dari Emak-emak Warga NU Jadi Capres di Pilpres 2024

“Jika pernyataan Presiden Jokowi dikerucutkan, kami mendukung Ridwan Kamil sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara. Selain berpengalaman sebagai kepala daerah, dia juga menjadi insinyur,” kata Willy Danandityo, Sekjen SAPMA PP, Kamis (27/1/2022).

Menurut Willy, sosok Ridwan Kamil mampu mengemban amanah sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara.

Hal ini seiring dengan kriteria dari Presiden RI Joko Widodo, bahwa sosok Kepala Otorita harus berpengalaman sebagai kepala daerah dan berlatar belakang pendidikan insinyur.

Menurutnya, figur kepala daerah berlatar belakang insinyur diyakini mampu menjawab tantangan untuk membangun IKN Nusantara menjadi wilayah yang cerdas, hijau, berkelanjutan, modern dan berstandar internasional, sehingga bisa mejadi identitas bangsa.

Dengan begitu, IKN mampu menjadi dorongan besar dalam strategi pemulihan ekonomi nasional, pusat keuangan regional serta pusat inovasi kemajuan teknologi anak bangsa.

Baca juga: Shandy Aulia Ungkap Rahasia Menjaga Hubungan Tetap Harmonis, meski Pernah Diterpa Isu Cerai

“Insinyur dinilai lebih mampu menghadirkan paradigma baru pembangunan nasional yang dapat diterapkan dalam pembangunan IKN Nusantara sebagai kota dunia dalam pusat pengembangan inovasi dan teknologi serta simbol negara maju,” ucap Willy.

Diketahui, bursa calon Kepala Otorita IKN Nusantara diramaikan oleh sejumlah nama.

Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo mengungkap kriteria Kepala Otorita yang ia inginkan, yakni pernah memimpin daerah dan berlatar belakang arsitek.

“Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek,” kata Jokowi.

Sementara itu Ridwan Kamil enggan berkomentar banyak dan berandai-andai.

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, kandidat kuat Kepala IKN Nusantara.
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, kandidat kuat Kepala IKN Nusantara. (Tangkap Layar Trending Topic Twitter/Instagram @basukibtp)
Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved