Advertorial

Nilai-Nilai Kebudiluhuran Dalam Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021

Permendikbud Ristek No. 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus masih menjadi polemik di masyarakat.

Editor: Lucky Oktaviano
Dok Humas Universitas Budi Luhur
Pos Sapa Suhanah Women Youth and Center (SWYC) Universitas Budi Luhur melakukan sosialisasi Permendikbud Ristek No. 30 Tahun 2021 dengan menggandeng Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Permendikbud Ristek No. 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus masih menjadi polemik di masyarakat beberapa waktu lalu.

Pos Sapa Suhanah Women Youth and Center (SWYC) Universitas Budi Luhur melakukan sosialisasi Permendikbud Ristek No. 30 Tahun 2021 dengan menggandeng Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kegiatan sosialisasi ini akan dilaksanakan pada Rabu, 22 Desember 2021 dengan mengundang sejumlah narasumber seperti Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM sebagai Rektor Universitas Budi Luhur, Kasih Hanggoro, MB= sebagai Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Budi Luhur Cakti (YLBC), Dr. Umaimah Wahid, S.Fil, sebagai Ketua Pos Sapa SWYC, M.Si, Dina Handini, S.sos, M.I.Kom sebagai perwakilan Ditjen Dikti Ristek, Inayah Wahid sebagai pekerja seni dan aktivis jaringan Gusdurian.

Baca juga: Sunan Kalijaga Minta Maaf Usai Bela Doddy Sudrajat karena Video Viral Pria Bertopeng

Rektor Universitas Budi Luhur, Dr. Wendi Usino, M.Sc, MM mengatakan, Universitas Budi Luhur mendukung Permendikbud Ristek No. 30 Tahun 2021 tentang kekerasan seksual di lingkungan kampus.

“Sejalan dengan peraturan tersebut dalam hal mensosialisasikan untuk Blutizen, karyawan, dosen dan mahasiswa. Sebuah awal bagaimana kita masif menjadi kampus mencegah kekerasan seksual di kampus Universitas Budi Luhur. Cita-cita kita melindungi warga kampus dari kekerasan seksual bisa dilindungi Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Dr. Wendi.

Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA menyambut baik acara yang diselenggarakan Pos Sapa Suhanah Women Youth and Center untuk mensosialisasi dan menjadi wadah konseling dan mengkampanyekan gerakan anti kekerasan di lingkungan kampus Budi Luhur. 

Baca juga: Venna Melinda Sempat Menolak, Tetapi Mengapa Kemudian Menerima Ferry Irawan Sebagai Kekasihnya?

“Permasalahan krisis moral mungkin di lingkungan kampus. Secara angka mengejutkan. Masalah serius ini tidak boleh dilihat sebelah mata dan tidak mudah," kata Kasih.

Media sosial menjadi laporan orang dan mencari keadilan. Jadi polisi juga tidak repot mencari barang bukti. Kita hidup berdampingan di zaman yang sudah bergeser yang dulu bicara tabu bisa bicara dengan mudah,” tambahnya.

Ketua Pos Sapa SWYC Dr. Umaimah Wahid, S.Fil., M.Si mengatakan pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan sejatinya harus menjadi tanggung jawab bersama, seluruh masyarakat dan warga kampus.

Nilai-nilai kebudiluhuran seperti tanggung jawab, sopan santun, rendah hati, cinta kasih akan menjadi dasar pencegahan dan penanganan Kekerasan dan pelecehan seksual.

“Suhanah Women and Youth Center (SWYC) Budi Luhur bersama sama seluruh sivitas akademik UBL dengan sungguh sungguh menjalankan Permendikti Nomor 30 tahun 2021,” kata Umaimah.

Baca juga: Hendak Beli Jamu pada Dini Hari, Seorang Pria Kena Bacok di Bagian Lengan

Aktivis jaringan Gusdurian, Inayah Wahid mengatakan, kekerasan seksual perempuan dan anak-anak muda merupakan kekerasan yang sangat luar biasa. Pasalnya, para korban sulit disembuhkan karena trauma.

”Kekerasan seksual hari ini besar sekali ini kalau dibilang seperti pandemi banyak. Kekerasan seksual ini kekerasan kemanusiaan karena dampaknya nggak main-main itu terjadi anak-anak dan anak muda karena masa depannya hilang. Para korban trauma sulit pulih 100 persen,” jelas Inayah.

Perwakilan Ditjen Dikti Ristek, Dina Handini, S.sos, M.I.Kom mengatakan bahwa sosialisasi Permendikbud Ristek No. 30 Tahun 2021 untuk melindungi para korban kekerasan seksual di lingkungan kampus dan menjadi saluran pengaduan. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved