Berita Video

VIDEO : Lomba Mural Kota Tangerang, Merekam Aspirasi dan Kritik Seniman

Lomba mural tersebut dapat menjadi sarana bagi masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya, khususnya kalangan anak muda di Kota Tangerang.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Alex Suban
Wartakotalive.com/Gilbert Sem Sandro
Peserta melukis di tembok Fly Over Cikokol Kota Tangerang saat lomba mural tingkat nasional dengan tema Pesona Destinasi Wisata dan Budaya Kota Tangerang, Sabtu (18/12/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang menggelar lomba mural tingkat nasional dengan tema Pesona Destinasi Wisata dan Budaya Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah mengatakan, lomba mural tersebut bertujuan untuk menjadi ajang untuk sarana adu kreativitas antar seniman, serta menjaring bibit seniman baru.

Simak Video Berikut :

Ia juga menyebut lomba mural tersebut dapat menjadi sarana bagi masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya, khususnya kalangan anak muda di Kota Tangerang.

Pasalnya, seni mural bukanlah hal asing bagi Kota Tangerang, sebab beberapa sudut di perkampungan pun banyak yang telah dihiasi dengan mural yang menambah nilai estetika dari setiap kampung.

"Hari ini kita menggelar lomba mural ini untuk mendorong kreativitas dan ekspresi anak muda karena mural ini juga merupakan salah satu sarana dalam mempercantik Kota Tangerang," ujar Arief Wismansyah kepada awak media, Sabtu (18/12/2021).

Baca juga: Lomba Lukis Mural Digelar di Kota Tangerang Diikuti Ratusan Seniman

Baca juga: Ada Mural di Taman Oasis dengan Tema Anak Siram Tanaman, ini Alasannya

"Karena karya mural ini tidak selalu negatif, contoh di beberapa kampung Kota Tangerang juga ada yang temboknya dihiasi dengan mural-mural, seperti di Cipondoh ada mural dengan gambar pahlawan, kemudian Kampung Pink yang temboknya dihiasi mural warna warni dan juga di Larangan yang dihiasI dengan mural bergambar batik," imbuhnya.

Ia juga mengapresiasi antusias generasi muda yang cukup tinggi dalam mengikuti lomba mural tersebut. Sebab, para pelukis mural yang menjadi peserta tidak hanya dari Kota Tangerang, namun juga dari luar daerah, yakni Jogja, Serang, serta Jambi.

Oleh sebab itu, ia menilai dengan digambarnya tembok-tembok di Kota Tangerang, dapat menjadi daya tarik sendiri bahkan hingga tersedianya wisata mural.

"Alhamdulillah antusias para peserta cukup tinggi dalam lomba ini, apalagi peserta yang mengikuti lomba ini ada juga yang dari luar kota," kata dia.

Baca juga: Kapolri Jenderal Listyo Persilakan Peserta Lomba Mural Buat Karya Berisi Kritikan ke Polri

Baca juga: Gandeng Seniman Lokal, Polres Bogor Sabet Juara Tiga Dalam Bhayangkara Mural Festival Polda Jabar

"Kalau melihat mural-mural seperti ini yang dapat mempercantik Kota Tangerang, bukan tidak mungkin kita akan menambahkan spot lain di Kota Tangerang yang digunakan sebagai tempat mural berikutnya," sambungnya.

Lebih lanjut Ricky Soesanto, Corporate Head Of Marketing Pacific Paint mengatakan, perlombaan mural senasional tersebut juga dilakikan untuk memberikan ruang ekspresi bagi masyarakat untuk meningkatkan kreativitas dalam berkarya seni mural.

"Dengan adanya perlombaan ini dapat menghadirkan konsep Urban art dan Street art guna berkontribusi dalam menghasilkan warna baru menuju akhir tahun 2021 di Kota Tangerang ini," jelasnya.

Ricky juga menuturkan, pihaknya telah menyediakan 1.000 liter cat untuk seluruh penggunaan cat dalam lomba mural di Jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya pada dinding serta tiang yang berada di bawah underpass jembatan Cikokol dengan total panjang ke dua sisi 310 meter.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved