Pakai Pendekatan Baru, Ditlantas Polda Metro Jaya Kumpulkan Komunitas Balap Liar Untuk Berdiskusi

Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI memulai pendekatan baru dengan mengumpulkan komunitas balap liat untuk berdiskusi.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Desy Selviany
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat memberikan keterangan soal tingginya tingkat kecelakaan TransJakarta di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (8/12/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI -Komunitas-komunitas balap liar akan melangsungkan diskusi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dishub Pemprov DKI Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa pihaknya telah mendata beberapa komunitas balap liar di Ibukota Jakarta.

Nantinya, komunitas balap liar itu akan mengikuti focus group discussion (FGD) di Mapolda Metro Jaya, Selasa (22/12/2021).

Baca juga: Polisi Dikeroyok di Depan Anak Istri Saat Bubarkan Balap Liar di Pondok Indah

"Dalam FGD itu kami akan diskusi tentang akomodasi para pembalap liar baik pengadaan roadrace ataupun streetrace," ujar Sambodo dihubungi Rabu (15/12/2021) siang.

Dalam diskusi itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan berdiskusi dengan Pemprov DKI Jakarta terkait pengadaan alternatif sirkuit ajang balap.

Selain diikuti komunitas balap liar, FGD juga akan mengundang komunitas bengkel dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Baca juga: Jadi Lokasi Favorit Balap Liar, Jalan I Gusti Ngurah Rai Dipasang Speed Trap

Sebelumnya Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan focus group discussion (FGD) diadakan dengan berbagai pihak dalam mengatasi masalah balap liar.

Dalam FGD itu, Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengundang berbagai stakeholder lembaga dan instansi yang terkait dengan balapan.

"Misalnya dari pihak Kemenpora sponsor dari beberapa komunitas sepeda motor bahkan dari komunitas-komunitas balap liar yang sering balapan dan joki-jokinya kami undang," bebernya di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (8/12/2021).

Kata Sambodo, pihaknya akan mencari format pencegahan balap liar tersebut. 

Baca juga: Kakak Adik Pelaku Balap Liar yang Keroyok Polisi di Pondok Indah Jakarta Diringkus

Termasuk dari Pemerintah Daerah untuk bisa cari sirkuit dalam pelaksanaan balapan yang diisi para pembalap liar.

Konsepnya bisa road race atau klasifikasi kelas CC.

"Intinya adalah kami akan berusaha salurkan hobi adik-adik yang selama ini sering balap liar. Siapa tahu dari para pelaku mereka punya bakat-bakat yang bisa bawa nama Indonesia di tingkat internasional," tuturnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved