Natal dan Tahun Baru

Anies Telanjur Terbitkan Aturan PPKM Level 3, Pengelola TMII Tunggu Keputusan Lanjutan Pemprov DKI

Pengelola Taman Mini Indonesia Indah masih menunggu regulasi dari Pemprov DKI soal mekanisme aturan tempat wisata saat libur Natal dan Tahun Baru 2022

Warta Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlanjur menerbitkan aturan terkait PPKM Level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang. Foto dok: Suasana pintu masuk 1 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ceger, Cipayung, Jakarta Timur pada Sabtu (20/11/2021) siang. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIPAYUNG -- Pemerintah telah membatalkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 3 pada periode Natal dan tahun baru (Nataru), yang akan diberlakukan pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 di seluruh wilayah Indonesia.

Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masih menunggu regulasi dari Pemprov DKI soal mekanisme aturan tempat wisata saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Adapun aturan masuk wisata selama periode tersebut tertuang dalam Imendagri Nomor 66 Tahun 2021 yang telah diteken pada 9 Desember 2021 lalu.

Video: PPKM Mikro, Kawasan Taman Mini Ditutup untuk Pengunjung

Kendati demikian, pihak TMII masih menunggu arahan lanjutan dari Pemprov DKI Jakarta.

Apalagi Pemprov DKI telah meneken PPKM level 3 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada awal Desember 2021 lalu.

"Kita tunggu Juklak dan Juknis dari Pemda DKI," ucap Kahumas TMII, Adi Widodo, Sabtu (11/12/2021).

Diketahui sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlanjur menerbitkan aturan terkait PPKM Level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang.

Baca juga: Cuma 3 Wahana Yang Dibuka, Pengunjung TMII Pilih ke Taman Burung Karena Lokasi Terbuka dan Edukatif

Baca juga: Penerapan Ganjil Genap di TMII, Jumlah Pengunjung Turun

Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1430 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3 Covid-19 yang diterbitkan sejak 2 Desember lalu. 

Dalam Kepgub itu dijelaskan bahwa PPKM Level 3 berlaku mulai 24 Desember hingga 2 Januari 2022.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, aturan itu diterbitkan demi mencegah lonjakan kasus Covid-19 yang biasa terjadi setelah masa libur panjang.

"Prinsipnya sederhana saja, kami belajar dari pengalaman selama 2 tahun ini. Setiap libur panjang terdapat peningkatan covid," ucapnya, Kamis (9/12/2021) malam.

Baca juga: Baru Tiga Wahana Dibuka, Pengunjung TMII Masih Sepi

Terlebih, saat ini varian baru virus corona B.1.1.529 atau Omicron sudah mulai menyebar ke berbagai negara di dunia.

Varian baru Covid-19 ini pun disebut-sebut lebih berbahaya dibandingkan virus corona SARS-CoV-2 yang pertama ditemukan di Wuhan, Tiongkok pada 2019 lalu.

"Varian baru virus Omicron sekalipun belum masuk ke Jakarta, kita harus tetap berhati-hati," ucapnya di Balai Kota.(m27)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved