Berita Kabupaten Bogor

Tak Hanya Hadirkan Pemerataan Pembangunan, Ade Yasin Sebut Samisade Dorong Pemulihan Ekonomi

Tak Hanya Hadirkan Pemerataan Pembangunan, Ade Yasin Sebut Program Samisade Dorong Pemulihan Ekonomi. Berikut Selengkapnya

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Bupati Bogor Ade Yasin meninjau pembangunan infrastruktur desa melalui program Satu Milyar Satu Desa (Samsiade) di Kecamatan Rancabungur pada Jumat (15/10/2021).  

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CIBINONG - Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di 416 Desa di Kabupaten Bogor sudah hampir rampung jelang akhir tahun 2021.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan program ini dihadirkan untuk membantu pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

“Angka kemiskinan di masa pandemi meningkat. Pada tahun 2020 selain Bansos juga ada langkah pemulihan ekonomi berupa bantuan-bantuan tunai, baik untuk UMKM, juga untuk yang terkena PHK," kata Ade, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Kritisi Ganjil Genap Jalan Margonda Raya, Politisi PDIP Minta Wali Kota Depok Tentukan Sikap

Baca juga: Penyerapan APBD Rendah, Kepala BKD Kota Depok Minta Perangkat Daerah Ajukan Pencairan Anggaran

Menurutnya, walaupun ada bantuan berupa Bansos dan bantuan tunai lainnya untuk UMKM dan yang terkena PHK, tetapi perlu cara yang lain untuk pemulihan ekonomi.

"Penduduk Kabupaten Bogor itu banyak sekali, kemungkinan tidak tercover semua oleh bansos, sehingga banyak yang merasa tidak diperhatikan karena tidak kebagian. Inilah yang menjadi latar belakang diluncurkannya program Satu Miliar Satu Desa (Samisade)," ujarnya.

 Politisi PPP ini menambahkan, seluruh pihak harus menghadirkan strategi pemulihan ekonomi.

Apalagi Kabupaten Bogor bersebelahan dengan ibu kota Jakarta, Kota Bekasi, Kota Depok.

"Jangan sampai Kabupaten Bogor itu infrastruktur desanya tidak terperhatikan. Kita kan harus beda, karena kita bersebelahan dengan Jakarta," ungkap Ade.

"Jadi walaupun statusnya desa tetapi penanganan infrastrukturnya harus sama dengan kota," tegasnya.

Baca juga: Meski Patuhi Keputusan Pemerintah Pusat, DPRD Kota Depok Berharap Kebijakan PPKM Level 3 Pro Rakyat

Baca juga: Bukan karena Dongkrak, Penyebab Bus Transjakarta Tabrak Pos Polisi Cililitan Karena Sopir Bengong

Dia menambahkan pihaknya menganggarkan Samisade ini dalam rangka pemulihan ekonomi.

"Jadi membangun infrastruktur ini untuk pemulihan ekonomi. Dengan demikian penanganan Covid-19 jalan, pembangunan infrastruktur juga tetap jalan,” ungkap Ade.

Penggunaan uang Samisade juga tidak boleh sembarangan, karena harus dibahas di forum musyawarah desa biar semua masyarakat terlibat.

"Samisade ini padat karya. Selain dalam rangka pemulihan ekonomi, ini juga untuk mengurangi pengangguran. Jadi Samisade ini tujuannya tidak hanya membangun infrastruktur tapi juga mengangkat semua indeks ekonomi yang ada di Kabupaten Bogor," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribundepok.com dengan judul Tak Hanya Bangun Infrastruktur, Ade Yasin Sebut Program Samisade Dorong Pemulihan Ekonomi

Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved