Breaking News:

Virus Corona

Epidemiolog Sebut Gejala Varian Omicron Demam dan Batuk Mirip Influenza, Menular Lewat Airborne

Cara pencegahan agar tak terpapar varian ini masih sama, yakni protokol kesehatan 3M dan vaksinasi.

Editor: Yaspen Martinus
Kolase foto Wartakotalive
Epidemiolog Universitas Airlangga (Unair) Windhu Purnomo mengungkapkan, gejala yang muncul akibat terpapar Covid-19 varian Omicron, mirip dengan gejala Influenza, seperti demam dam batuk. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Epidemiolog Universitas Airlangga (Unair) Windhu Purnomo mengungkapkan, gejala yang muncul akibat terpapar Covid-19 varian Omicron, mirip dengan gejala Influenza, seperti demam dam batuk.

"Gejala Influenza pada umumnya."

"Jadi demam batuk, sama saja mirip-mirip Influenza, enggak jauh berbeda," uksr Windhu dalam kegiatan virtual KCPEN, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Cegah Omicron Masuk Indonesia, Anggota DPR Dilarang Lakukan Perjalanan Dinas Luar Negeri

Dari sisi penularan laporan sementara, menunjukkan memiliki karakteristik yang sama, yakni mampu menulari orang yang sebelumnya telah terpapar Covid-19.

Namun, kata Windhu, WHO masih membutuhkan waktu untuk memahami varian Omicron, termasuk mengetahui seberapa cepat penularan Omicron, apakah menyebabkan penyakit lebih berat, dan efektifkah vaksin yang ada untuk melawannya.

"Karakteristiknya belum diketahui persis."

Baca juga: Rugikan Negara Rp12,6 Triliun di Kasus Korupsi Asabri, Heru Hidayat Dituntut Hukuman Mati

"Jadi cara penularannya persis sama dan memang ada kemungkinan airborne ketika di tempat-tempat yang tertutup," tuturnya.

Untuk itu ia mengingatkan, cara pencegahan agar tak terpapar varian ini masih sama, yakni protokol kesehatan 3M dan vaksinasi. (Rina Ayu)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved