Breaking News:

Berita Nasional

Diangkat Jadi Dirut PLN, Darmawan Prasodjo Tambah Daftar Relawan Jokowi Dapat Kursi Empuk di BUMN

Darmawan Prasodjo resmi menjadi Direktur Utama PT PLN. Darmawan Prasodjo menggantikan Zulkifli Zaini yang diberhentikan sebagai Direktur Utama PLN

Editor: Feryanto Hadi
KOMPAS.com/Rully R. Ramli
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA--Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran direksi PT PLN (Persero). Erick mengangkat Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN untuk menggantikan Zulkifli Zaini yang dicopot setelah sudah dua tahun menjabat posisi tersebut.

Hal itu ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN 2021. Surat Keputusan RUPS pun disampaikan langsung oleh Erick di Kantor Pusat PLN di Jakarta dan berlaku sejak 6 Desember 2021.

Darmawan Prasodjo resmi menjadi Direktur Utama PT PLN. Darmawan Prasodjo menggantikan Zulkifli Zaini yang diberhentikan sebagai Direktur Utama PLN.

Baca juga: Utang Rp35 Triliun Bikin Neraca Keuangan AP 1 Tak Sehat, Strategi Restrukturisasi Disiapkan

Darmawan Prasodjo menambah daftar politisi yang menjadi pejabat di badan usaha milik negara. Saat ini, ada banyak politisi yang juga merupakan relawan Jokowi pada pemilihan presiden 2019 yang menjadi pejabat BUMN.

Di Pertamina, ada Basuki Tjahaja Purnama, politisi PDI-P yang menduduki Komisaris Utama Pertamina. Budiman Sudjatmiko, politisi PDI-P juga menjadi komisaris independen PTPN 5.

Zulnahar Usman, politisi Partai Hanura menjadi komisaris independen Bank BRI. Masih di BRI, politisi PDI-P, Dwi Ria Latifa juga menjadi komisaris di bank pemerintah tersebut. Selain itu, masih ada politisi dan relawan Jokowi yang menduduki jabatan penting di BUMN.

Sementara itu, Darmawan Prasodjo terpilih menjadi Direktur Utama PLN dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021. Keputusan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN berlaku mulai Senin (6/12/2021).

Baca juga: Liuruskan Ucapan Jenderal Dudung, Kadispenad: Maksudnya Jangan Mendalami Agama Tanpa Guru

Surat Keputusan RUPS penetapan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN disampaikan oleh Menteri BUMN di Kantor Pusat PLN di Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Menteri dan Wakil Menteri 1 BUMN, Deputi Kementerian BUMN, jajaran Komisaris PLN, dan seluruh Direksi PLN.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan dalam mengelola perusahaan terutama dalam BUMN, seorang pemimpin harus menyandarkan tanggung jawab yang diemban dengan hati dan keikhlasan.

“Karena bagaimanapun juga, jabatan yang diberikan kepada kita tak lain sebuah amanah. Amanah untuk memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada negara dan memiliki dampak sosial seluas-luasnya berupa peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Erick dalam keterangan resmi, Senin (6/12).

Menurutnya, Zulkifli Zaini yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PLN sejak Desember 2019, dinilai telah memimpin perusahaan yang melayani kebutuhan hidup seluruh rakyat Indonesia ini dengan hati dan keikhlasan.

Baca juga: Nasib Pilu Istri Polisi di Tangerang, Diusir dari Rumah Mewahnya gegara Tak Mampu Nyicil Utang

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved