Breaking News:

Berita Nasional

Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali, Jokowi: Langkah Awal Transformasi Ekonomi Indonesia

Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali, Jokowi: Langkah Awal Transformasi Ekonomi Indonesia. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dalam peluncuran Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali Menuju Bali Era Barudi Bali pada Jumat (3/12/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, DENPASAR - Sebagai upaya strategis untuk mewujudkan Transformasi Ekonomi Bali, Kementerian PPN/Bappenas meluncurkan Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali Menuju Bali Era Baru: Hijau, Tangguh, dan Sejahtera serta Master Plan Pengembangan Kawasan Pariwisata Ubud, Tegallalang, dan Payangan (Ulapan) pada Jumat (3/12/2021).

Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan tiga hal yang menjadi catatan dalam pembangunan Bali.

Pertama, diversifikasi ekonomi, meliputi pariwisata hingga pertanian.

Kedua, paradigma dan tata kelola pariwisata harus memprioritaskan kesehatan dan keamanan.

Ketiga, pariwisata Bali bertransformasi dari mass tourism menjadi green tourism serta quality tourism, mengusung pariwisata berbasis sosial, budaya, dan lingkungan, mewujudkan harmoni dan memuliakan alam.

“Semangat memuliakan alam, manusia, dan budaya, harus terus kita teruskan untuk menyongsong masa depan dan kita memiliki komitmen yang kuat untuk menerapkan green economy, ekonomi hijau, ini kekuatan Bali, kekuatan Indonesia,” ungkap Jokowi pada Jumat (3/12/2021).

Peluncuran tersebut dihadiri langsung Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan.

Selanjutnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Gubernur Bali I Wayan Koster dan segenap jajaran, serta sejumlah perwakilan negara sahabat.

Baca juga: Dukung Seruan Jokowi yang Larang Polisi Sowan ke Ormas, Polda Metro: Kalau Salah ya Kita Tindak

Baca juga: Jokowi Presiden RI Beri Apresiasi Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia yang Juara Piala Thomas 2020

Peluncuran Peta Jalan dan Master Plan tersebut diungkapkan Suharso Monoarfa merupakan bentuk penerjemahan arahan Jokowi kepada Bappenas untuk menyusun Redesain Transformasi Ekonomi Indonesia sebagai bagian penting dari agenda pembangunan Indonesia.

Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Bali menjadi krusial, mengingat peran Bali sebagai barometer pariwisata Indonesia di mata dunia.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved