Breaking News:

Berita Jakarta

Dua Tahun Beroperasi secara Komersial, LRT Jakarta Bakal Lakukan Transformasi Besar

Jumlah penumpang LRT Jakarta mencapai 4.500 orang per hari dan diperkirakan akan meningkat mencapai 7.000 orang per hari

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Feryanto Hadi
Dok. LRT Jakarta
LRT Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, KELAPAGADING-- PT Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta menyiapkan sebuah transformasi untuk mengembangkan apa yang sudah dilakukan selama dua tahun terakhir sejak beroperasi secara komersial 1 Desember 2019. 

Direktur Utama PT LRT Jakarta Hendri Saputra mengatakan pihaknya akan mengembangkan Kawasan Transit Oriented Development (TOD) dan membuka ruang usaha di bidang periklanan. 

“Kita harus yakin PT LRT Jakarta akan menjadi perusahaan yang besar di masa depan,” ucapnya, melalui keterangan tertulis, Rabu (1/12/2021). 

Baca juga: PT LRT Jakarta Giatkan Edukasi Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Anak perusahaan dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Perseroda) itu juga akan mengembangkan pengusahaan jasa perawatan industri kereta api perkotaan. 

“‘End to End Business System’ adalah tujuan utamanya. Kita akan memulai pembangunan, sembari tetap melakukan pengoperasian serta perawatan,” ungkap Hendri. 

Apalagi ke depan, PT LRT Jakarta diharapkan dapat membangun fase 2 untuk perpanjangan fase 1 yakni rute Kelapa Gading-Rawamangun dengan enam stasiun jalur layang sepanjang 5,8 kilometer. 

Sementara untuk memajukan perkembangan LRT Jakarta saat pandemi, beberapa langkah strategis diambil agar dapat mempertahankan hubungan dengan mitra bisnis yang sudah ada. 

Baca juga: LRT Jakarta Sediakan Ruang Swapulih untuk Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

“Memberikan relaksasi dalam skema pembayaran dan penghapusan biaya sewa sementara waktu,” ungkapnya. 

Hal tersebut dinilai dapat membuat para penggiat bisnis kecil dan menengah (UMKM) tertarik untuk ikut dalam proses pengembangan sektor bisnis di seluruh stasiun LRT Jakarta.

Jumlah penumpang LRT Jakarta mencapai 4.500 orang per hari dan diperkirakan akan meningkat mencapai 7.000 orang per hari sesuai target dari Pemprov DKI Jakarta. 

Baca juga: PT LRT Jakarta Gelar Webinar Sharing Session ‘Pesan Ibuku, Yuk Pakai Maskermu’

Namun adanya pandemi Covid-19 yang terjadi sejak bulan Maret 2020 mempengaruhi capaian jumlah penumpang menjadi 800-900 orang per hari karena pembatasan kapasitas, pengaturan jumlah keberangkatan dan jam operasional. 

Adapun peringatan dua tahun komersial LRT Jakarta dilakukan secara sederhana di Stasiun Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara dengan pemotongan tumpeng dan doa bersama. 

Setelah itu kemudian dilanjutkan dengan berbagi kebahagiaan bersama sopir Bus Transjakarta, Mikrotrans Jaklingko, tenaga kesehatan maupun petugas pelayanan di sekitar Stasiun LRT Jakarta. (jhs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved