Breaking News:

Kegiatan Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Diharapkan Jadi Tempat Proses Belajar Guna Ciptakan Inovasi dan Kreativitas Masyarakat

menurut Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi, literasi berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Umar Widodo
Istimewa
Kegiatan Peer Learning Meeting Nasional Tahun 2021 dengan tema 'Transformasi Perpustakaan untuk SDM Berkualitas dan Berdaya Saing', yang digelar Perpusnas secara daring, pada Rabu (1/12/2021). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com,  Ign Agung Nugroho

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Literasi tidak hanya baca, tulis, dan hitung, melainkan lebih dari itu yakni tentang kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu objek ilmu pengetahuan. 

Oleh sebab itu, menurut Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi, literasi berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Literasi merupakan hak dan memberikan manfaat yang nyata kepada masyarakat untuk membangun manusia berkualitas dan berdaya saing," kata Deni di acara Peer Learning Meeting Nasional Tahun 2021 dengan tema 'Transformasi Perpustakaan untuk SDM Berkualitas dan Berdaya Saing',  yang digelar Perpusnas secara daring, pada Rabu (1/12/2021).

Untuk itu, program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) berupaya menjangkau masyarakat di pedesaan.

Perluasan transformasi perpustakaan ke tingkat desa juga merupakan upaya untuk mendekatkan akses informasi kepada masyarakat dan memfasilitasi yang menjadi kebutuhan masyarakat.

"Perpustakaan diharapkan menjadi pusat bagi masyarakat untuk bekegiatan dan terkoneksi satu dengan yang lain, sehingga terjadi proses belajar yang mampu mendorong kesempatan untuk menciptakan inovasi dan kreativitas yang positif dan produktif di antara masyarakat itu sendiri,” ucap Deni.

Seperti diungkapkan ibu rumah tangga dari Kabupaten Jayapura, Sipora Novita. 

Dia mendatangi perpustakaan untuk melatih diri dengan mencari buku resep membuat kue dan bertekad membantu perekonomian keluarga. 

Kini, dia berdagang kue sekaligus membagikan ilmunya dengan melatih warga sekitar.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved