Breaking News:

Berita Tangerang

Ini Perbedaan Antara KK Pasutri Nikah Siri dan Pernikahan Tercatat oleh Negara

Kabid Disdukcapil Kota Tangsel, Heru Sudarmanto mengatakan, ratusan pasutri berstatus nikah siri di Kota Tangerang Selatan tercatat telah memiliki KK.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Hertanto Soebijoto
Wartakotalive.com/Rizki Amana
Kabid Kependudukan Disdukcapil Kota Tangsel, Heru Sudarmanto saat ditemui di kawasan Cilenggang, Serpong, Jumat (5/11/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG - Ratusan pasangan suami istri (pasutri) berstatus nikah siri di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tercatat telah memiliki Kartu Keluarga atau KK. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, Heru Sudarmanto. 

Menurutnya, ratusan pasutri nikah siri tersebut melakukan pengajuan kepemilikan Kartu Keluarga (KK) pada awal Tahun 2020 kemarin.

Heru Sudarmanto mengatakan, para pasutri nikah siri itu merespon direalisasikannya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku dalam administrasi kependudukan. 

"Kalau kita lihat proses dari awal Peraturan Menteri Dalam Negeri pasti banyak, sudah ratusan pasti," katanya saat ditemui di Kantor Disdukcapil Kota Tangsel, Cilenggang, Serpong, Jumat (5/11/2021).

Kendati demikian, Heru menegaskan, terdapat efek yang diakibatkan dalam pencetakan KK bagi pasutri berstatus menikah siri itu. 

Baca juga: Ngamuk Digosipkan Nikah Siri dengan Wika Salim, Hotman Paris: Untuk Naikkan Pansos Anda?

Baca juga: Kiwil Bantah Nikah Siri, Rohimah Minta Suaminya Tidak Temui Venti Figianti Meski Hanya Urusan Bebek

Heru Sudarmanto mengatakan, efek tersebut berupa status yang tertulis pada Akta Kelahiran atas anak dari pasutri tersebut. 

"Memang betul ada efek yang akan diakibatkan dari pencatatan seperti ini itu adalah tindaklanjutnya lebih kepada Akta Kelahiran anak. Kita mengetahui bahwa azas kita adalah azas ibu, maka di pencatatan akta kelahiran bisa disebut anak seorang ibu," ungkap Heru. 

"Atau ada satu kemungkinan lagi kita bisa catatkan anak bapak dan ibu tetapi belum tercatat perkawinan secara negara. Jadi ada frasa, ada tambahan frasa di Akta Kelahiran anak yaitu tetap disebut anak bapak dan ibu tetapi dari perkawinan belum tercatat oleh negara bunyinya seperti itu," lanjutnya.

Baca juga: Prof Muradi Terpikat dengan Era Setyowati saat Model itu Jadi LC Karaoke, Dikencani lalu Nikah Siri

Selain itu, pencetakan KK bagi pasutri yang berstatus nikah siri tersebut tercatat berstatus kawin belum tercatat. (m23

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved