Breaking News:

Kini BPJS Kesehatan Jakut Miliki 123 Faskes Tingkat Pertama dan 22 Faskes Rujukan Tingkat Lanjutan

Dengan ada penambahan tersebut maka total FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Jakarta Utara menjadi 123 FKTP dan 22 FKRTL.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BPJS Kesehatan dengan 66 Fasilitas Kesehatan yang tersebar di Jabodetabek. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - BPJS Kesehatan Jakarta Utara menambah tiga fasilitas kesehatan (faskes) untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada para peserta JKN-KIS. 

Kepala BPJS Kesehatan Jakarta Utara Shanti Lestari mengatakan untuk wilayah Jakarta Utara ada penanbahan tiga Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). 

Ketiga FKTP baru yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Jakarta Utara tersebut yakni NK Health Clinic, kemudian ada Klinik Saman dan Klinik Bunda. 

“Dengan ada penambahan tersebut maka total FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Jakarta Utara menjadi 123 FKTP dan 22 FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan),” tutur Shanti. 

Sementara, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Jabodetabek, Bona Evita mengungkapkan pandemi menuntut seluruh aspek menyesuaikan diri dengan situasi termasuk dalam aspek pelayanan kesehatan. 

Perluasan kerjasama dengan fasilitas kesehatan bertujuan untuk meningkatkan jaringan fasilitas kesehatan. Sehingga memudahkan aksesibilitas peserta untuk mengakses layanan kesehatan.

Baca juga: BPJS Kesehatan Ajak Koordinasi DPMPTSP Terkait Perizinan Faskes

“Kami fokus dalam peningkatan kualitas layanan, salah satunya terkait aksesibilitas peserta JKN-KIS. Sehingga kami terus melakukan perluasan fasilitas kesehatan pada tahun 2021,” ujarnya. 

Selama bulan Agustus hingga 1 November 2021, terdapat ada penambahan 15 FKRTL yang terdiri dari klinik utama dan rumah sakit di Jabodetabek. 

Selain itu juga ada 51 FKTP yang terdiri dari klinik pratama, dokter praktek perorangan dan praktek dokter gigi perorangan di Jabodetabek. 

Sehingga dengan demikian terdapat penambahan 66 fasilitas kesehatan yang terdiri dari FKRTL dan FKTP di wilayah Jabodetabek. 

“Seiring dengan jumlah peserta JKN-KIS yang terus meningkat, BPJS Kesehatan meningkatkan perluasan fasilitas kesehatan agar memudahkan dalam mengakses pelayanan kesehatan,” tutur Bona. 

Adanya penambahan itu, maka di Jabodetabek hingga saat ini terdapat 391 FKRTL yang terdiri atas 341 rumah sakit dan 50 klinik utama yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan

Sementara untuk FKTP, hingga saat ini ada 1.898 FKTP yang terdiri dari 676 puskesmas, 1.136 klinik pratama, 74 dokter praktek perorangan, maupun 12 praktek dokter gigi perorangan.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved