Breaking News:

Pilpres 2024

Wagub DKI: Tak Hanya Anies, Ganjar, Ridwan Kamil Bahkan Prabowo Juga Dideklarasikan Capres 2024

Gubernur DKI Anies Baswedan tidak pernah membahas soal pemilihan presiden (pilpres) meski ada relawan yang mendeklarasikan mitra kerjanya itu.

TRIBUNNEWS/RIZKI SANDI SAPUTRA
Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) menggelar deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Sebelumnya, kelompok masyarakat sipil yang menamakan diri Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies), menggelar deklarasi dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, untuk maju dalam Pilpres 2024.

Deklarasi bertajuk 'ANIES mendukung Anies menjadi Presiden 2024' itu digelar di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021), yang dihadiri setidaknya 30 relawan.

Koordinator ANIES Laode Basir mengatakan, pihaknya mendukung orang nomor satu di Jakarta itu maju sebagai capres 2024, berdasarkan penilaian yang didasari rekam jejak Anies Baswedan selama menjabat Gubernur DKI Jakarta dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Video: LIVE - Deklarasi Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera Anies Baswedan for Presiden

Menanggapi deklarasi Anies, Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta mengingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar tetap fokus bekerja di Ibu Kota di masa jabatannya yang tinggal setahun lagi.

Hal itu diminta PDI Perjuangan menyusul adanya deklarasi Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera atau disingkat ANIES, Rabu (20/10/2021).

“Deklarasi boleh saja, cuma pasca desklarasi itu jangan energinya habis untuk ke sana, karena bagaimana juga energi yang dimiliki Pak Anies itu dicurahkan untuk menuntaskan program-program unggulan hasil pemikiran beliau,” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan Gembong Warsono, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Anies Didukung Jadi Capres 2024, Ariza: Itu Hak Warga Negara, Gerindra Ingin Usung Prabowo Lagi

Baca juga: Ariza Hormati Hak Politik Anies Baswedan Terkait Deklarasi Dukungan Anies For Presiden 2024

Sementara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Gubernur DKI Anies Baswedan tidak pernah membahas soal pemilihan presiden (pilpres) meski ada relawan yang mendeklarasikan mitra kerjanya itu.

Minggu (26/9/2021) kemarin, Relawan Kawan Sandi (RKS) Pulau Lombok mendeklarasikan Sandiaga Uno maju sebagai capres di Pasar Masbagik, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Minggu (26/9/2021) kemarin, Relawan Kawan Sandi (RKS) Pulau Lombok mendeklarasikan Sandiaga Uno maju sebagai capres di Pasar Masbagik, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. (Humas RKS)

"Pak Anies sejauh yang saya tahu, tidak pernah membahas soal pilpres karena masih 2024. Saya kira semua sekarang fokus melaksanakan tugas masing-masing," kata Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Menurut dia, adanya kelompok orang yang mendeklarasikan Anies merupakan hak warga negara untuk berdemokrasi.

Tak hanya kepada Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, lanjut Riza, beberapa tokoh juga dideklarasikan untuk maju dalam Pilpres 2024 di antaranya Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, bahkan Prabowo Subianto.

Relawan Ganjarist berfoto usai mendeklarasikan diri mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo sebagai Capres 2024.
Relawan Ganjarist berfoto usai mendeklarasikan diri mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo sebagai Capres 2024. (ANTARA/HO-Ganjarist)

Baca juga: Pendukung Ganjar dan Anies Terang-terangan Gelar Deklarasi, PKS: Tahun Politik Muncul Lebih Awal

Baca juga: Anies Didukung Jadi Capres 2024, Ariza: Itu Hak Warga Negara, Gerindra Ingin Usung Prabowo Lagi

"Tidak hanya Pak Anies, saya kira yang lain ada, Pak Ganjar, Ridwan Kamil juga, saya pikir itu hak ya. Di kami sendiri juga Gerindra, kader ingin mengusung lagi Pak Prabowo, itu hak masing-masing tapi semua fokus menjalankan amanah masing-masing," ucapnya.

Selebaran berisi rencana deklarasi Luhut Panjaitan sebagai calon presiden, yang beredar di media sosial
Selebaran berisi rencana deklarasi Luhut Panjaitan sebagai calon presiden, yang beredar di media sosial (Tribunnews.com)

Sebelumnya, Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) pada ajang demokrasi lima tahunan Pilpres 2024.

Koordinator ANIES La Ode Basir menilai refleksi keberhasilan Anies dalam menyejahterakan warga Jakarta, baik dari aspek pendidikan, kesehatan hingga banyaknya pembangunan membuat Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu layak diproyeksi sebagai capres.

Baca juga: Pengamat Sebut Deklarasi Anies For Presiden yang Tanpa Partai, Berisiko

"Kami kemudian membentuk komunitas yang kami sebut ANIES mendukung penuh Bapak Anies Rasyid Baswedan maju sebagai Presiden 2024-2029," kata La Ode dalam kegiatan Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024 di Jakarta, Rabu (20/10). (Antaranews)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved