Breaking News:

Berita Nasional

Ciptakan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Janji Permudah UMKM Akses Beragam Perizinan

Ciptakan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Janji Permudah UMKM Akses Beragam Perizinan. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menemui pelaku UMKM di Restoran Maha Corner, Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh pada Rabu (20/10/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, ACEH - Kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno di Kabupaten Aceh Besar, Daerah Istimewa Aceh pada Rabu (20/10/2021) diwarnai dengan keluh kesah para pelaku pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dalam pertemuan itu, para pelaku UMKM mengaku keberatan dengan sejumlah persyaratan serta ketentuan perizinan usaha yang ditetapkan pemerintah.

Hasilnya, banyak pelaku usaha kini belum memiliki izin usaha yang berujung kepada sulitnya mengakses permodalan.

"Masukan dari para pelaku ekonomi kreatif, agar pemerintah tidak mempersulit perizinan, baik itu berkaitan dengan usaha kuliner maupun lain sebagainya," ungkap Sandiaga Uno di Restoran Maha Corner, Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh pada Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Berkaca pada Solong Coffe, Sandiaga Uno Yakini Indonesia Jadi Episentrum Kopi Dunia

"Saya ingin memastikan bahwa pemerintah sangat membutuhkan kegiatan UMKM ini yang mendorong ekonomi dan membuka lapangan kerja," jelasnya.

Oleh karena itu, terkait persyaratan perizinan, termasuk izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dipastikannya akan segera difasilitasi.

Kemenparekraf diungkapkan Sandiaga Uno akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Khusus untuk membantu pelaku usaha dalam pengurusan perizinan.

"Kami akan membentuk Satgas Khusus yang akan menampung secara struktural, lintas kementerian dan lembaga agar perizinan yang dibutuhkan oleh para pelaku ekonomi kreatif bisa kita fasilitasikan," ungkap Sandiaga Uno.

Baca juga: Jadi Rojali, Sandiaga Uno Harapkan Pelaku Usaha Parekraf Aceh Bangkit-Buka Lapangan Kerja

"Karena sudah saatnya UMKM ini menjadi garda terdepan, lokomotif dari pembukaan lapangan kerja yang lebih luas lagi. Jangan sampai peraturan-peraturan pemerintah justru menjadi ganjalan, justru menjadi satu hambatan dalam kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif," jelasnya.

Selain perizinan, para pelaku UMKM pun menyampaikan permintaan untuk dibangun sebuah galeri di Aceh Besar.

Galeri tersebut diharapkan dapat menjadi etalase yang mampu meningkatkan penjualan beragam produk ekonomi kreatif lokal khas Aceh Besar.

"Jadi tadi permintaannya sudah kami tampung dan kami sudah memahami situasi di Aceh Besar ini dan kita akan tindak lanjuti dalam konsep kemitraan," ungkap Sandiaga Uno.

"Itu yang akan kita hadirkan di sini dengan kerjasama dengan masyarakat, komunitas dan pemerintah daerah," jelasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved