Breaking News:

Berita Nasional

Jadi Rojali, Sandiaga Uno Harapkan Pelaku Usaha Parekraf Aceh Bangkit-Buka Lapangan Kerja

Jadi Rojali-Rombongan Jadi Beli, Sandiaga Uno Harapkan Pelaku Usaha Parekraf Aceh Bangkit-Buka Lapangan Kerja

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno memborong sejumlah produk ekonomi kreatif ketika menyambangi Toko Pusaka Souvenir Peunayong di Jalan Sri Ratu Syafiatuddin Nomor 78, Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh pada Selasa (19/10/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, ACEH - Dukung pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi (parekraf), Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno memborong sejumlah produk ekonomi kreatif ketika menyambangi Toko Pusaka Souvenir Peunayong di Jalan Sri Ratu Syafiatuddin Nomor 78, Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh pada Selasa (19/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya yang didampingi Kepala Dinas Parekraf Banda Aceh turut membeli sejumlah produk khas Aceh.

Di antaranya Lontong Paris, kue kering bertabur kacang tanah goreng, aneka rasa dodol Aceh, kue bhoi atau kue ikan serta kopi khas aceh.

Selain itu, dirinya turut membeli tas model backpack dan peci maketok dengan motif bordir khas Banda Aceh.

"Hari ini kita di Toko Pusaka Souvenir Peunayong Banda Aceh menjadi Rojali-rombongan jadi beli, bukan Rohali-rombongan hanya lihat-lihat," ungkap Sandiaga Uno menunjukkan sejumlah produk di tangannya.

"Karena penurunan kunjungan wisatawan asing, terutama dari Malaysia ini sangat berdampak dan lebih dari 70 persen turunnya. Oleh karena itu kita mendorong wisatawan domestik untuk bisa mengambil peran," jelasnya.

Baca juga: Kolaborasi dengan Rinkai dan BMKG, Sandiaga Uno Kembangkan Wisata Sekaligus Mitigasi Bencana

Baca juga: Kejebak Macet di Kawasan Puncak, Sandiaga Uno Sebut Macet Jadi Bukti Kepulihan Pariwisata

Aksi borong beragam produk ekonomi kreatif itu diungkapkan Sandiaga Uno sebagai bentuk dukungan atas penciptaan lapangan kerja yang dihadirkan Toko Pusaka Souvenir Peunayong.

Karena diketahui, terdapat ratusan UMKM dari sejumlah daerah yang menitipkan produknya untuk dijual di Toko Pusaka Souvenir Peunayong.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar beragam produk ekonomi kreatif Aceh tersebut bisa diikutsertakan dalam program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Alasannya karena seluruh produk ekonomi kreatif memiliki kualitas sangat baik yang layak untuk diekspor.

Baca juga: Pulihkan Pariwisata Nasional, Sandiaga Uno-Rumah Siap Kerja Inisiasi Gerakan Sosial #KitaPeduli

Baca juga: Sempurnakan Destinasi Wisata, Toilet Bersih Dinilai Sandiaga Uno Wujud Nyata Pemulihan Pariwisata

"Jadi keunggulan daripada produk ekonomi kreatif di Aceh ini sangat bisa diangkat ke level internasional, dan menurut saya ini yang dibutuhkan untuk membangun ekonomi kita," ungkap Sandiaga Uno.

"Karena kriya ekspor, ekspor fesyen, ekspor kuliner kita lagi kita genjot, agar neraca perdagangan kita dan ekonomi kita lebih kuat ke depan," ujarnya. 

"Terima kasih kepada temen-temen untuk mendukung produk-produk ekonomi kreatif di Provinsi Aceh," tutup Sandiaga Uno.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved