Breaking News:

Berita Nasional

Jadi Lokasi yang Menginspirasi Didi Kempot, Sandiaga Uno Yakini Desa Nglanggeran Raih UNWTO Awards

Jadi Lokasi yang Menginspirasi Didi Kempot, Sandiaga Uno Yakini Desa Nglanggeran Menangkan Ajang UNWTO Awards. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika mengunjungi Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (11/10/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, GUNUNG KIDUL - 'Sworo angin, Angin sing ngreridu ati. Ngelingake sliramu sing tak tresnani'. 

'Pengen nangis Ngetokke eluh neng pipi, Suwe ra weruh Senajan mung ono ngimpi'.

Penggalan lirik dalam lagu berjudul Banyu Langit yang dipopulerkan oleh Didi Kempot itu menggambarkan kerinduan hati mendalam seorang pecinta terhadap kekasihnya.

Pria yang disebut Godfather of Broken Heart itu pun menggambarkan keresahan hati sang pemuda yang senada dengan rintik hujan dan semilir angin di penantiannya.

Lokasi tersebut rupanya berada di Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Lokasi yang kini dinobatkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia sebagai satu dari tujuh Desa Wisata Mandiri Inspiratif dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Tak hanya keindahan alam seperti yang digambarkan Didi Kempot dalam bait lagunya, desa wisata yang berada di seleah timur Kota DIY, tepatnya di kaki Gunung Api Purba itu menyimban beragam kearifan lokal.

Mulai dari beragam produk lokal seperti batik, gerabah hingga aneka kuliner khas di antaranya olahan belalang.

Baca juga: Sandiaga Uno Ikut MesaStila 100, Bangkitkan Ekonomi dan Buka Lapangan Kerja

Baca juga: Sandiaga Uno-Gibran Satu Visi, Kembangkan UMKM untuk Buka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja

"Kita di lokasi yang menginspirasi Mas Didi Kempot menciptakan lagu Banyu Langit, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta menjadi Desa Wisata Mandiri Inspiratif-Desa Wisata Indonesia Bangkit," ujar Sandiaga Uno pada Senin (11/10/2021).

Desa Nglanggeran tersebut diungkapkan Sandiaga Uno mewakili enam Desa Wisata Mandiri Inspiratif lainnya, yakni Desa Wisata Penglipuran di Kabupaten Bangli dan Desa Wisata Pemuteran di Kabupaten Buleleng, Bali.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved