Breaking News:

Kesehatan

Apa Itu Hipoglikemia? Mengenal Gejala, Penyebab dan Mengatasi Penyakit yang Diderita Dorce Gamalama

Hipoglikemia adalah istilah medis yang mengacu pada kondisi ketika kadar gula atau glukosa dalam darah terlalu rendah.

Wartakotalive/Arie Puji Waluyo
Lemas, pusing, bahkan susah konsentrasi merupakan ciri-ciri dari seseorang mengalami hipoglikemia, penyakit yang diderita pembawa acara Dorce Gamalama. Foto dok: Dorce Gamalama. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Apa itu hipoglikemia? Hipoglikemia adalah gula darah rendah atau hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah normal.

Kondisi ini sering dialami oleh penderita diabetes akibat obat-obatan yang dikonsumsi.

Gula darah atau glukosa merupakan sumber energi bagi tubuh. Selain diproduksi secara alami oleh hati, glukosa juga bisa didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, roti, kentang, atau susu.

Bila kadar gula dalam darah rendah, maka tubuh akan kekurangan energi untuk beraktivitas.

Lemas, pusing, bahkan susah konsentrasi merupakan ciri-ciri dari seseorang mengalami hipoglikemia, penyakit yang diderita pembawa acara Dorce Gamalama.

Spesialis saraf dr Fakhrunnisa, Sp.S dari Universitas Indonesia menjelaskan, hipoglikemia adalah istilah medis yang mengacu pada kondisi ketika kadar gula atau glukosa dalam darah terlalu rendah.

Dokter Fakhrunnisa mengatakan, glukosa adalah sumber energi utama untuk otak dan tubuh.

Baca juga: Dorce Gamalama Kembali Dirawat Intensif di Rumah Sakit Setelah Seminggu Opname Akibat Diabetes

Kisaran normal kadar glukosa darah 70-140 miligram per desiliter (mg/dL). Kadar pada setiap orang berbeda berdasarkan makanan terakhir dan hal-hal lain, termasuk obat-obatan yang diminum.

"Jika kadar gula darah turun terlalu rendah, diperlukan perawatan segera untuk menghindari risiko seperti kejang, pingsan, hingga kerusakan otak,” kata Fakhrunnisa, dokter Spesialis Penanggung Jawab yang menangani Dorce Gamalama di Primaya Hospital Bekasi Barat, dikutip dari keterangan resmi, Senin (11/10/2021).

Glukosa berperan menyediakan energi yang dibutuhkan untuk kinerja tubuh sehari-hari. Organ yang paling memerlukan glukosa adalah otak.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved