Dinas Kebudayaan Gelar Pameran Batik Nasional di Museum Tekstil

Menyabut Hari Batik Nasional, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta mengadakan kegiatan pameran batik di Museum Tekstil, Jakarta.

Warta Kota/Janlika Putri
Galeri Batik di Museum Tekstil, Jalan KS Tubun, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

WARTAKOTALIVE,COM, JAKARTA - Dinas Kebudayaan DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Museum Seni Jakarta mengadakan kegiatan Pameran Batik.

Pameran bertajuk ‘Mengungkap Makna Simbolik Motif Batik di Era Pandemi’ ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional tahun 2021.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan, dengan berkolaborasi bersama Yayasan Batik Indonesia, pameran dilaksanakan pada 2-30 Oktober 2021 di Museum Tekstil, Jakarta Barat.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Kemendes PDTT Gelar Pameran Batik Virtual, Mobil Dinas pun Dihias Corak Batik

Iwan mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya pelestarian budaya yang harus tetap dipertahankan.

“Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas penyelenggaraan pameran batik ini, tentu saja kegiatan ini telah berkontribusi nyata terhadap keberlangsungan warisan budaya tak benda yaitu batik Indonesia,” ujar Iwan berdasarkan keterangannya pada Sabtu (2/10/2021).

Iwan mengatakan, ajang itu akan memamerkan sekitar 100 lembar batik dengan motif tambal, udan liris dan gringsing.

Baca juga: Semarakkan HUT Ke-45, Disbud DKI Gelar Pameran Kain Tradisional Bertema Fauna di Museum Tekstil

Seluruh batik itu merupakan koleksi Museum Teksil, Yayasan Batik Indonesia dan kolektor batik Indonesia.

“Motif-motif batik yang dipamerkan memiliki filosofi mendalam terkait kehidupan manusia, termasuk di saat ada kemalangan atau kesusahan, seperiti kondisi pandemi saat ini,” kata Iwan.

Menurutnya, rangkaian kegiatan akan disemarakkan dengan beberapa acara di antaranya tanggal 2-28 Oktober terdapat Lomba Cipta Kreasi Batik Motif Tambal, Udan Liris dan Gringring.

Kemudian tanggal 6, 14 dan 27 Oktober dimeriahkan dengan kegiatan Workshop Membatik yang diikuti siswa-siswi SMK dan Komunitas Wastra di DKI Jakarta.

Terakhir pada tanggal 8, 13, 15, 22, 28 dan 30 Oktober dilengkapi dengan kegiatan webinar terkait batik Indonesia.

“Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta juga terus bersinergi dalam pelestarian batik bersama Yayasan Batik Indonesia. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan terlaksana dengan sempurna,” jelasnya.

Diketahui, pameran batik ini mendapatkan dukungan penuh melalui dana alokasi khusus (DAK) dan bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) museum dan taman budaya dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kegiatan ini juga dapat terselenggara berkat kolaborasi dengan Yayasan Batik Indonesia dan para kolektor batik Indonesia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved