Breaking News:

Berusia 100 Tahun, PIP Makassar Siap Lahirkan SDM Pelaut Handal

seorang perwira lulusan PIP Makassar dituntut untuk mampu menyampaikan gagasannya dengan baik, kepada ABK, penumpang, dan para pengguna jasa

Editor: Ahmad Sabran
istimewa
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar di Sulawesi Selatan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Memasuki usia ke 100 tahun, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Sulawesi Selatan terus melahirkan banyak sumber daya manusia (SDM) transportasi laut di Tanah Air. 

Perguruan tinggi pelayaran tertua di Indonesia ini terus menyesuaikan pendidikan dengan teknologi terkini agar lulusannya terus menjadi SDM pelaut handal dan Profesional.

Direktur PIP Makassar, Capt. Sukirno mengatakan bahwa saat ini kita telah memasuki era digital dan revolusi industri 4.0 dimana teknologi informasi berkembang sangat pesat dan mempengaruhi segala aspek kehidupan.

Pihaknya terus mendorong pembangunan SDM Indonesia yang unggul guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Berkat perhatian dari Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, PIP Makassar terus memperbaharui sistem pendidikan, pola pengajaran dan menggunakan teknologi digital terbaru sehingga menjadi terdepan dalam melahirkan SDM pelaut yang handal sehingga dapat diserap oleh sektor industi Maritim baik dalam negeri maupun mancanegara," kata Capt. Sukirno dalam Talkshow Virtual yang bertema 'Membangun SDM Kepelautan Menghadapi Era Digital', belum lama ini.

Sukirno menegaskan, lulusan dari PIP Makassar diminta untuk terus mengembangkan Soft Skill Competence melalui 4C yaitu Critical Thinking, Creative Solution, Colaboration dan Communication Skill.

Baca juga: Dinkes Kota Bekasi Sasar Vaksinasi 16.292 Siswa SD

Baca juga: Kisah AKP Supriyatin dari Gagal Jadi Anggota TNI Hingga Nyaris Diamputasi Ditembak Bandar Narkoba

"Sebab di era 4.0 menitik beratan pada tiga hal, yaitu pembangunan karakter positif, peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta mendorong link and match antara pendidikan vokasi dengan industri." tuturnya.

Saat ini, kata dia, seorang perwira lulusan PIP Makassar dituntut untuk mampu menyampaikan gagasannya dengan baik, kepada ABK, penumpang, dan para pengguna jasa pada sektor transportasi laut dengan sebaik-baiknya sehingga pesan ini dapat diterima dengan baik.

“Kami bersyukur Alhamdulliah, bahwa seluruh lulusan PIP Makassar telah mengikuti pendidikan yang mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) sesuai tingkat kompetensinya dan pada akhir pendidikan juga dilakukan pengujian keahlian kepelautan sesuai sistem dan prosedur penyelenggaraan ujian keahlian dan sertifikasi kepelautan dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut,” katanya.

Capt Sukirno  menjelaskan pihaknya juga melakukan kerjasama antara PIP Makassar dengan berbagai perusahaan pelayaran, baik dalam Negeri maupun Perusahaan Internsional , yang bergerak dibidang transportasi laut terus dilakukan, bahkan selama ini PIP Makassar memiliki hubungan yang sangat baik dengan mereka. Hal ini dilakukan untuk menyerap hasil lulusannya.

"Dan untuk penyerapan lulusan di dunia kerja dapat disyukuri bahwa PIP Makassar merupakan sasaran dari industri untuk mendapatkan SDM pelaut dan tenaga lainnya dibidang pelayaran, tidak hanya di dalam negeri namun juga internasional. Sehingga hal ini dapat menjadi pemasukan untuk devisa cukup besar bagi negara kita," katanya.

Bahkan, kata Capt Sukirno, setiap tahunnya pertemuan dengan seluruh stakeholder yang ada di Indonesia, dimana pertemuan tersebut dilakukan di Jakarta, Surabaya, Makassar dan Banjarmasin. Dalam pertemuan tersebut dilakukan penandatanganan kerjasama beberapa Perusahaan Pelayaran untuk melakukan perekrutan SDM lulusannya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved