Pemprov DKI akan Mengedepankan Kolaborasi dalam Upaya Preventif Menghadapi Banjir di Ibukota.

Pemprov DKI Jakarta akan mengedepankan kolaborasi untuk melakukan berbagai upaya preventif dalam menghadapi bencana banjir di Ibukota.

Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti
Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto saat diwawancarai awak media di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (23/09/21) 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR -- Pemprov DKI Jakarta akan mengedepankan kolaborasi untuk melakukan berbagai upaya preventif dalam menghadapi bencana banjir di Ibukota.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengimbau masyarakat bahwa puncak musim hujan diperkirakan di awal tahun 2022.

"Kita selalu mengacu ke data BMKG, data BMKG itu, bahwa puncak musim hujan diperkirakan di bulan Januari, Februari,” kata Sabdo kepada wartawan, Kamis (23/9/2021).

Lanjutnya, kata Sabdo, pihaknya telah melakukan serangkaian upaya preventif untuk menghadapi cuaca ekstrem.

Baca juga: Antisipasi Banjir dan Genangan Saat Musim Hujan, Camat Ciracas Siapkan 85 Sumur Resapan

Baca juga: Antisipasi Banjir, Pemkot Jakbar Bangun 12 Drainase Vertikal

"Kita sudah mempersiapkan, kita sudah melakukan sosialisasi, sebagaimana tahun lalu kita sudah menyebarkan buku panduan untuk masyarakat untuk mengurangi risiko bencana, kemudian kita melakukan koordinasi dengan lembaga relawan untuk persiapan menghadapi musim hujan sesuai arahan Pak Gubernur, mempersiapkan perahu, ban dalam, kemudian masih harus juga bisa melakukan evakuasi bersama atau mandiri dengan protokol kesehatan di masa pandemi Covid," ucapnya.

Tambahnya, ia juga menyampaikan bahwa BPBD akan melaksanakan langkah-langkah antisipasi cuaca ekstrem seperti apel kesiap-siagaan di pertengahan Oktober mendatang.

“Kita Insha Allah di pertengahan Oktober akan melaksanakan apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan sebagaimana kita lakukan pada tahun lalu. Kemudian rapat koordinasi dengan pimpinan, pak gubernur sedang dilaksanakan terhadap SKPD2, untuk mengurangi risiko bencana tentunya,” jelasnya.

Tak hanya itu, menurutnya Pemprov DKI berupaya untuk melakukan langkah-langkah preventif untuk meminimalisir dampak bencana dan jumlah korban.

Baca juga: Antisipasi Banjir, Wawalkot Jakpus Prioritaskan Wilayah dengan Kontur Tanah Rendah

Baca juga: Antisipasi Banjir, DPRD Minta Pemprov DKI Bersihkan Saluran Air dan Resapan

"Insha Allah, kami berupaya semaksimal mungkin untuk tidak terjadi korban, mengurangi korban, dan kita mempercepat recovery, misalnya ada air genangan, kita cepat mengeringkan," tuturnya.(m27)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved