PPKM Level 4

Daftar 6 Kota dan Kabupaten Masih PPKM Level 4, Jawa-Bali Bebas dari Level 4, Bioskop Boleh Buka

Hartarto menyebut 6 daerah masih terapkan PPKM Level 4 adalah Banda Aceh, Bangka, Medan, Kotabaru, Palangka Raya, dan Palu.

Penulis: Wito Karyono | Editor: Wito Karyono
Humas Setkab/Agung
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Ia menyebut masih ada 6 kota dan kabupaten yang masih memberlakukan PPKM Level 4, daerah-daerah tersebut semuanya di luar Jawa dan Bali. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Pemerintah memutuskan tetap melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 20 September 2021.

Meskipun dengan catatan data menggembirakan bahwa semua wilayah Jawa-Bali sudah bebas dari level 4.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut tinggal 3 kota/kabupaten yang masih berada di level 4.

Baca juga: PPKM Berhasil Turunkan Angka Covid-19, Politisi Malaysia Heran

Baca juga: Joko Widodo Trending, Ternyata Momen Presiden Jokowi Bertemu Seorang Warga Bernama Joko Widodo

Daerah mana saja yang level 4 disebutkan oleh Menteri Koordinator Bidang (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto meski dalam jumlah berbeda.

Hartarto menyebut 6 daerah masih terapkan PPKM Level 4 adalah Banda Aceh, Bangka, Medan, Kotabaru, Palangka Raya, dan Palu.

Luhut mengatakan penanganan COVID-19 terus mengalami perbaikan yang ditandai dengan terus menurunnya jumlah daerah yang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Ilustrasi Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Sabtu (3/7/2021).
Ilustrasi Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Sabtu (3/7/2021). (Tribunnews.com)

Untuk daerah Jawa-Bali, Provinsi Bali yang pada periode sebelumnya berada pada Level 4, di periode 6-13 September berhasil turun menjadi Level 3.

Baca juga: Ditinggal Penghuni, Satu Rumah Kontrakan di Jagakarsa Hangus Terbakar

“Dari 11 kota/kabupaten Level 4 pada minggu yang lalu, pada hari ini jumlahnya berkurang menjadi hanya 3 kabupaten/kota saja. Hal ini merupakan buah kerja sama semua pihak yang telah bersama-sama berusaha menjaga kondusivitas pemberlakuan PPKM,” ujar Luhut, dalam Keterangan Pers mengenai Perkembangan PPKM Terkini, Senin (13/09/2021) malam, secara virtual.

Namun, Luhut tidak merinci daftar daerah yang masih menerapkan PPKM Level 4 itu.

Ia hanya menyebut bahwa rinciannya akan diatur dalam Instruksi Mendagri atau Menteri Dalam Negeri.

Lebih lanjut, Menko Marves menyampaikan, berdasarkan hasil evaluasi penerapan PPKM Level periode 6-13 September terlihat bahwa perkembangan kasus COVID-19 secara nasional juga terus menunjukkan perbaikan yang signifikan.

Hal ini terlihat dari tren kasus konfirmasi nasional yang terus menurun.

Baca juga: Jakarta Terbaik Pengendalian Covid-19, Gubernur Anies: Tetap Saling Melindungi

“Perkembangan kasus secara nasional terus menunjukkan perbaikan yang sangat signifikan dan capaian yang terus membaik. Hal ini terlihat dari penurunan tren kasus konfirmasi secara nasional hingga 93,9 persen dan secara spesifik di Jawa-Bali turun hingga 96 persen dari titik puncaknya pada 15 Juli yang lalu,” ujarnya.

Dengan penambahan 2.577 kasus baru dan 12.474 kasus sembuh maka jumlah kasus aktif nasional per 13 September 2021 telah berada di bawah 100 ribu.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved