Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19, Layanan Kini Menyasar Para PMKS

pihaknya terus mendukung adanya program vaksinasi bagi PMKS dan masyarakat marginal, agar peluang tertular Covid-19 semakin kecil.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Agus Himawan
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Suku Dinas Sosial Jakarta Utara melakukan penjangkauan PMKS di enam kecamatan. (Dok. Sudin Sosial Jakarta Utara) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta terus menggecarkan program vaksinasi Covid-19 untuk warga Ibu Kota.

Program ini tidak hanya diikuti oleh segelintir kelompok, tapi para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) juga bakal divaksin.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari mengatakan, total PMKS yang menjadi binaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di DKI Jakarta ada 2.163 orang.

Premi menyebut, pihaknya terus mendukung adanya program vaksinasi bagi PMKS dan masyarakat marginal, agar peluang tertular Covid-19 semakin kecil.

“Kami berupaya mendorong apa yang menjadi bagian dari Dinas Sosial untuk mensukseskan program vaksinasi ini. Adapun pendataan untuk keikutsertaan vaksinasi bagi PMKS dan masyarakat marginal dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melalui LKS dan mencocokkannya dengan data kependudukan di Dinas Dukcapil,” kata Premi berdasarkan keterangannya pada Minggu (12/9/2021).

Baca juga: Muhammad Toha Bek Persita Yakin Dengan Ketatnya Aturan Prokes Covid-19 dan Bikin Tenang Bermain

Baca juga: Apresiasi Aksi Kemanusiaan PWNU DKI Jakarta, Ariza Dorong Kolaborasi di Masa Pandemi Covid-19

Premi menjelaskan, proses pelaksanaannya ada yang dilakukan dengan vaksinator mendatangi langsung tempat tinggal mereka, seperti yang berlangsung di daerah Mangga Ubi, Jakarta Barat.

Lalu, ada pula yang bekerja sama dengan Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta untuk membawa dan menjemput para PMKS dan warga marginal ke lokasi vaksin di Pasar Ikan Modern, Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Sementara itu, di Jakarta Timur, vaksinasi dilakukan di lokasi kampung pemulung di Rawa Terate. “Kami akan terus berkoordinasi bersama Dinkes dan Dishub, serta OPD lainnya untuk mempermudah pelaksanaan vaksinasi. Ke depan, pelaksanaan vaksinasi akan diupayakan lebih dekat dengan tempat tinggal/tempat aktivitas kelompok tertentu tersebut,” ujar Premi.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, pihaknya bersama kolaborator telah menyelenggarakan vaksinasi kepada 389 PMKS pada Selasa (7/9/2021).

Baca juga: ANIES Trending, Netizen Puji Sikap Santai Anies Hadapi Ledekan Haters soal Insiden Kecemplung Got

Baca juga: Widodo Cahyono Putro Yakin Persita Tangerang Akan Tampil Lebih Baik Lagi di Laga Berikutnya

Selain itu, layanan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat marginal juga diberikan oleh Puskesmas wilayah setempat yang telah mulai dilaksanakan sejak bulan Mei 2021.

“Vaksinasi ini berlaku untuk PMKS dan masyarakat marginal, beserta keluarga mereka,” ujar Widyastuti. Dia menambahkan, vaksinasi Covid-19 merupakan bentuk komitmen pemerintah kepada siapapun dengan kondisi kesehatan dan usia yang sesuai ketentuan.

“Tak terkecuali, PMKS dan masyarakat marginal agar kekebalan komunitas (herd immunity) di Jakarta semakin cepat tercapai,” jelasnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved