Breaking News:

Jawab Curhatan Ibu-ibu UMKM Bandung, Sandiaga Uno Nilai Protokol Kesehatan Kunci Pemulihan Ekonomi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai pelaksanaan protokol kesehatan merupakan kunci pemulihan ekonomi nasional.

istimewa
Menparekraf Sandiaga Uno menjawab ibu-ibu UMKM di Bandung soal pemulihan ekonomi kreatif. Kuncinya adalah pelaksanaan protokol kesehatan untuk mengatasi pandemi Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, BANDUNG - Resesi ekonomi imbas pandemi covid-19 dirasakan langsung oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Tak hanya menurunnya daya beli masyarakat, pembatasan yang diterapkan pemerintah pun memicu anjloknya kunjungan wisatawan di destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif.

Keluhan tersebut seperti yang disampaikan oleh Dewi dan Lidya kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno Uno ketika mensosialisasikan Program Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Bandara Kertajati Kembali Beroperasi, Sandiaga Uno Optimis Ekonomi dan Sektor Parekraf Jabar Bangkit

Pelaku UMKM asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat itu mengeluhkan penurunan omset berjualan karena sepinya wisatawan selama pandemi covid-19.

"Ibu Dewi dan Ibu Lidya yang menyatakan ada penurunan omset dan harapannya agar seluruh pihak dapat memberikan bantuan dan sentuhan untuk usaha-usaha yang betul-betul membutuhkan harus segera tereksekusi, tanpa tertunda lagi," ungkap Sandiaga Uno.

"Jadi ini yang sekarang kita lakukan untuk kebangkitan dan kepulihan ekonomi kita, membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan harapan kita hidup berdampingan dengan covid-19 ini harus kita sikapi dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," tambahnya.

Penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dinilai Sandiaga Uno sangat penting.

Tujuannya agar kasus covid-19 di Kabupaten Bandung yang terus menurun dapat terus dikendalikan.

Baca juga: Pelaku Usaha Pariwisata Kepulauan Seribu Minta Alihkan Anggaran untuk Pemberdayaan Ekonomi

"Alhamdulillah kondisi covid di Kabupaten Bandung terus menunjukan perbaikan, namun kita tidak boleh euforia kita harus pastikan protokol kesehatan diberlakukan secara ketat dan disiplin," ungkap Sandiaga Uno.

Oleh karena itu, lanjutnya, salah satu inovasi yang tengah dilakukan Kemenparekraf di antaranya menggabungkan tahapan vaksinasi yang akan terus dikebut selama 3-6 bulan mendatang.

Selain itu, menyampaikan narasi tunggal mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan seiring dengan vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Gelar Reses Virtual, DPRD Kabupaten Bogor Prioritaskan Potensi Pariwisata dan Infrastruktur di Ciawi

"Jadi harapan kami masyarakat juga ikut membantu penerapan protokol kesehatan, tidak berkerumun, tidak memicu peningkatan kasus covid-19," ungkap Sandiaga Uno.

"Dan tanggung jawabnya bukan hanya di pengelola, tapi juga masyarakat, pemerintah dan semua pemangku kepentingan agar situasi yang sudah kondusif ini bisa kita kendalikan," tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved