Breaking News:

Berita internasional

Ismail Sabri Yaakob Menjadi PM Malaysia Gantikan Muhyiddin Yassin

Wakil Presiden UMNO tersebut dipastikan akan diangkat menjadi Perdana Menteri berdasarkan dukungan 114 anggota Parlemen (MP

Tribunnews.com
Ismail Sabri Yaakob, wakil presiden UMNO, ditunjuk sebagai perdana menteri Malaysia 

Wartakotalive.com - Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah telah menunjuk Ismail Sabri Yaakob sebagai perdana menteri baru, kata istana dalam sebuah pernyataan pada Jumat (20/8/2021).

Wakil Presiden UMNO tersebut dipastikan akan diangkat menjadi Perdana Menteri berdasarkan dukungan 114 anggota Parlemen (MP) yang dideklarasikan melalui Statutory Declaration (SD) seperti yang dilaporkan media Bernama pada hari Jumat.

Pengawas Rumah Tangga Istana Negara Datuk Ahmad Fadil Shamsuddin mengatakan Al-Sultan Abdullah telah menyatakan pendapat bahwa dengan penunjukan PM baru, pemerintah harus segera melanjutkan upaya memerangi covid-19 untuk keselamatan dan kesejahteraan rakyat dan negara yang telah terkena dampak parah akibat pandemic.

"Proses selanjutnya adalah penerimaan piagam pengangkatan, pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan sumpah jabatan sebagai perdana menteri yang dijadwalkan pada pukul 14.30 tanggal 21 Agustus 2021 di istana negara," berdasarkan statement istana negara Malaysia hari ini.

Ismail akan menjadi perdana menteri ketiga Malaysia dalam tiga tahun ini.

Jika diangkat, Ismail Sabri akan menjadi Perdana Menteri kesembilan Malaysia.

Dia akan dilantik pada hari Sabtu setelah menerima dukungan dari 114 anggota parlemen.

Dukungan itu lebih dari 111 yang diperlukan untuk mayoritas sederhana.

Pendahulu Ismail, Muhyiddin Yassin, mengundurkan diri pada hari Senin setelah sekitar 17 bulan berkuasa.

Muhyiddin telah kehilangan dukungan mayoritas di parlemen karena pertikaian dalam koalisi politik yang berkuasa dinegara itu.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Raja Malaysia Tunjuk Ismail Sabri Yaakob Sebagai Perdana Menteri

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved