Breaking News:

Pasar Rakyat Diizinkan Buka Saat PPKM Level 4 Tapi Dengan Syarat Ini

Selama PPKM Level 4 mal belum diizinkan beroperasi, sementara pasar tradisional boleh buka dengan persyaratan ketat.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Rangga Baskoro
Plt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta Andri Yansyah. 

WARTAKOTALIVE.COM,GAMBIR - Plt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Andri Yansyah menyatakan hingga saat ini mal belum diizinkan beroperasi selama PPKM level 4.

Namun untuk Pasar Rakyat dan Pasar Grosir seperti Thamrin City, Jakarta Pusat memang saat ini telah mendapatkan izin untuk beroperasi, itupun harus memenuhi persyaratan, sebelum akhirnya beroperasi.

"Kalo berdasarkan Imendagri memang Mall itu belum boleh buka, tapi kalo untuk pasar rakyat memang bisa kita buka, karena ketentuan Imendagri begitu," kata Andri Yansyah, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Disperindag Kota Bekasi Akan Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Para Pedagang di Pasar Kota Bekasi

Disinggung mengenai Thamrin City yang sudah mulai beroperasi sejak Rabu (4/8) kemarin, Andri Yansyah mengaku jika Thamrin City merupakan pasar grosir, sama halnya dengan Pasar Tanah Abang yang juga telah buka terlebih dahulu.

"Tapi itu pun juga harus punya syarat, pertama dia harus menerapakan protokol kesehatan, kedua dia juga harus menyiapkan sentra vaksin," katanya.

Penyediaan sentra vaksin ini, diungkapkan Andri sebagai lokasi pedagang maupun  pengunjung yang belum tervaksin, lebih dulu bisa menjalani vaksinasi, sebelum masuk ke area Pasar.

Baca juga: Berkonsep Pasar Rakyat Modern, Jual Beli dan Pengangkutan Barang di Pasar Ciputat Jadi Lebih Mudah

Dengan begitu pengujung lebih mudah mendapatkan layanan vaksinasi.

"Kalo melihat arahan pak presiden kan begitu, selanjutnya mereka juga harus mengoptimalkan bekerjsama dengan satgas Covid di wilayahnya, sehingga mereka yang belum vaksin tidak boleh buka, tenant," katanya.

Sementara, untuk pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen hingga pukul 15.00 waktu setempat.

Meski dibuka petugas tetap akan memantau jalannya operasional Pasar rakyat ataupun  Pasar Grosir itu. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved