Breaking News:

Berkonsep Pasar Rakyat Modern, Jual Beli dan Pengangkutan Barang di Pasar Ciputat Jadi Lebih Mudah

sebelum melaksanakan pembangunan, pihaknya kata Maya, bakal terlebih dahulu merelokasi 650 pedagang lapak ataupun kios

Penulis: Rizki Amana | Editor: Dedy
Dok. Pemkot Tangsel
Masterplan desain revitalisasi Pasar Ciputat yang direncanakan Pemkot Tangsel dalam pengerjaannya di tahun 2020 ini. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIPUTAT --- Tak ingin asal membangun, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan (Disperindag Kota Tangsel) telah membuat konsep desain rencana revitalisasi Pasar Ciputat.

“Karena itu, revitalisasi ini disesuaikan dengan konsep pasar rakyat yang modern dan sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) pasar,” kata Kepala Disperindag Kota Tangsel, Maya Mardiana dalam keterangannya, Kamis (25/6/2020).

Maya menjelaskan desain tersebut diputuskan Pemerintah Kota Tangsel untuk dapat memudahkan kegiatan ekonomi dan jual beli barang kebutuhan hingga memudahkan pengangkutan barang ke lantai atas.

Selain itu, perbaikan juga menyasar ke fasilitas umum lain seperti saluran air, saluran pembuangan dan instalasi listrik, sarana penunjang musala dan ruang lakstasi serta sarana prasarana lainnya yang memadai.

Semua itu dirancang sebaik mungkin karena Pasar Ciputat merupakan salah satu pasar rakyat terbesar di Kota Tangsel, sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat Tangsel.

Kendati demikian, sebelum melaksanakan pembangunan, pihaknya kata Maya, bakal terlebih dahulu merelokasi 650 lapak ataupun kios pedagang yang ada di kawasan Jalan Usman, Ciputat, Tangsel.

“Alasannya karena kondisi yang memerlukan perbaikan berat, sehingga untuk lancarnya proses revitalisasi tersebut diperlukan pengosongan pasar agar kualitas bangunan, efektivitas dan efisiensi waktu pengerjaan bisa lebih optimal,” paparnya.

Adapun proses relokasi dimulai dengan sosialisasi oleh Disperindag tentang rencana revitalisasi dan tahapan relokasi pedagang serta rencana pengelolaan setelah revitalisasi selesai.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved