Breaking News:

Lifestyle

Wajib Tahu, Ini Fungsi Fitur Kesehatan di Smartwatch

Kini jam tangan berkembang menjadi smartwatch. Sekarang tidak cuma bisa melihat waktu saja, tapi juga bisa melihat informasi lainnya terkait tubuh.

Penulis: M Nur Ichsan Arief | Editor: Alex Suban
dok eraspace.com
Berkat majunya teknologi kini jam tangan sudah berubah menjadi smartwatch. Sekarang tidak cuma bisa melihat waktu saja, tapi juga bisa melihat informasi lainnya terkait tubuh. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Berkat majunya teknologi kini jam tangan sudah berubah menjadi smartwatch. Sekarang tidak cuma bisa melihat waktu saja, tapi juga bisa melihat informasi lainnya terkait tubuh.

Hal ini tentu jadi daya tarik sendiri bagi beberapa orang yang ingin upgrade jam tangannya ke yang lebih istimewa. Seperti yang diketahui bahwa smartwatch kini nggak hanya satu merk saja, namun sudah banyak merk teknologi yang megeluarkan smartwatch.

Baca juga: Luncurkan Perangkat AIoT, Realme Perkenalkan Smartwatch, Ear Buds hingga Kipas Pendingin

Baca juga: Demi Lengkapi Mi Series, Xiaomi Luncurkan Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra Sekaligus Smartwatch Mi Band 6

Bahkan fiturnya pun semakin canggih. Selain mendeteksi langkah kaki, juga bisa digunakan sebagai pengganti EKG yang biasa ada di rumah sakit, untuk memonitor jantung yang ada di tubuh kita.  

Keunggulan dari EKG pada smartwatch, bisa memberikan informasi aktivitas jantung,  EKG atau elektrodiagram, merupakan alat tes ukur aktivitas listrik yang ada di jantung. Di mana saat jantung berdetak akan ada gelombang listrik, hingga menyebabkan jantung berkontraksi, lalu memompa darah ke seluruh tubuh.

EKG sendiri mampu mengukur gelombang listrik tersebut dan biasa dijadikan indikator kesehatan. Sama seperti fitur EKG pada umumnya yang ada di rumah sakit, biasanya akan dipasang ketika pasien mengalami penyakit yang harus dipantau detak jantungnya.

Dalam beberapa smartwatch saat ini, sudah mulai menyematkan fitur EKG di dalamnya. Sehingga sebelum medical check up atau misalkan kita atau saudara kandung kita memiliki penyakit bawaan yang memerlukan monitor jantung.

Baca juga: Jam Pintar Oppo Band Dilengkapi Fitur Pengecekan Saturasi Oksigen Secara Akurat

Smartwatch dengan fitur EKG ini bisa jadi gadget yang tepat untuk digunakan setiap hari, karena fitur ini nantinya akan memberikan informasi terkait aktivitas jantung. Apakah jantungnya bekerja dengan normal, lambat, cepat atau tidak teratur. Selain itu fitur ini juga bisa memantau ukuran jantung, jika terlalu diforsir bekerja.

Fitur EKG pada smartwatch bisa dibilang nggak jauh berbeda dengan alat aslinya yang biasa digunakan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan. Setiap pengguna bisa turut memantau kondisi jantungnya setiap hari bahkan sebelum melakukan check up rutin ke dokter.

Namun meskipun begitu, perlu diingat juga kalau fitur EKG yang disematkan pada smartwatch sifatnya hanya memudahkan pengguna untuk monitor. Nggak bisa menggantikan fungsi dari EKG yang asli biasanya digunakan. Karena bentuknya portable tentu memiliki kekurangannya sendiri.

Maka dari itu, apabila membutuhkan pertolongan lebih lanjut, kamu bisa melakukan diagnosis melalui tenaga ahli yang lebih professional. Sementara EKG pada smartwatch hanya bisa membantu dalam situasi yang sifatnya sehari-hari.

Memang tidak semua smartwatch memiliki fitur EKG, namun ada beberapa brand yang sudah menyematkan teknologi canggih tersebut.

Di antaranya adalah Apple Watch Series 4, Apple Watch Series 5, Apple Watch Series 6, Fitbit Sense, Samsung Galaxy Watch Active 2, dan Samsung Galaxy Watch 3. Samsung Galaxy Watch Active 2 sendiri pernah menjadi alat bantu mendeteksi jantung pemeran utama pada drama korea Extraordinary You.

Bagi mereka yang ingin merasakan sensasi mengukur kesehatan melalui smartwatch, pas banget di Eraspace lagi ada promo Improved Productivity, selama PPKM. konsumen bisa mendapatkan gadget terbaru dengan mudah tanpa perlu ke mana-mana dan tinggal pesan melalui WhatsApp #ChatErica di 0812-9077-7722 dan juga website resmi www.eraspace.com.

Metode pembayarannya juga mudah, ada transfer bank dan juga kartu kredit atau debit. Jangan lupa untuk download e-catalogue terbaru untuk produk device dan accessories untuk dapetin penawaran terbaiknya. Promo ini berlangsung dari 9 – 31 Juli 2021. Gratis pengiriman ke seluruh Indonesia bagi yang sudah terdaftar.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved