Breaking News:

Virus Corona

Indonesia Diprediksi Jadi Negara Terakhir Keluar dari Pandemi Covid-19, Epidemiolog Bilang Logis

Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, prediksi itu cukup logis, jika dilihat dari situasi pandemi di Indonesia.

Editor: Yaspen Martinus
Dokumentasi Pribadi Dicky Budiman
Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menegaskan, hanya negara yang sejak awal sudah fokus dengan bidang kesehatan saja yang mampu keluar dari pandemi lebih dahulu. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Media asing memprediksi Indonesia menjadi salah satu negara terakhir yang bakal keluar dari krisis pandemi Covid-19, karena tidak memiliki kebijakan strategis dalam upaya pemulihan kesehatan.

Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, prediksi itu cukup logis, jika dilihat dari situasi pandemi di Indonesia.

Ia menegaskan, hanya negara yang sejak awal sudah fokus dengan bidang kesehatan saja yang mampu keluar dari pandemi lebih dahulu.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Menurun, Wagub DKI: Kita Tidak Boleh Berpuas Diri

Karena, negara yang concern dengan kesehatan sejak awal, tentu tidak memiliki fokus maupun kepentingan utama lainnya, selain mementingkan kesehatan warga negaranya.

"Logisnya dan benar dalam kaitan situasi akhir pandemi ini, negara yang fokus dengan kesehatan ya tentu sudah lebih dulu dia start-nya ya," ujar Dicky kepada Tribunnews, Rabu (28/7/2021).

Ada banyak negara yang sejak awal pandemi memang telah concern pada kesehatan, bukan ekonomi politiknya.

Baca juga: Satgas: Jika Sektor yang Sudah Dibuka Tak Taat Protokol Kesehatan, Maka Perlu Dibatasi Lagi

Negara-negara itu dianggap cukup mampu secara ekonomi, sehingga penerapan sistem penguncian (lockdown) untuk menekan angka penularan virus ini pun tidak terlalu mempengaruhi kondisi perekonomian mereka.

"Dan ini (mereka) bukan dari sekarang (mulai fokus untuk kesehatan masyarakatnya), dari awal, jadi startnya dia sudah sangat jauh di depan," ulas Dicky.

Ia kemudian membandingkannya dengan Indonesia yang dianggap masuk kategori negara yang belum sanggup menerapkan lockdown total, dan fokus pada kesehatan masyarakatnya.

Baca juga: Anggota DPR Dapat Fasilitas Isoman di Hotel, Aktivis 98: Bukannya Bantu, Malah Jadi Penikmat Bantuan

Hal ini yang ia anggap menjadi alasan logis Indonesia memang bisa saja menjadi negara terakhir yang keluar dari pandemi Covid-19.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved