Breaking News:

Berita Jakarta

Pedagang dan Pengunjung Pasar Tradisional di Wilayah DKI Kini Wajib Tunjukkan Bukti Vaksin

“Kebijakan yang disampaikan Dirut Pasar Jaya Pak Arief Nasrudin adalah usulan yang baik. Kita tahu di pasar tradisional itu sangan rentan

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dedy
Tangkap Layar akun YouTube Kadin Indonesia
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Pemprov DKI Jakarta mengapresiasi keputusan Perumda Pasar Jaya yang mewajibkan pedagang dan pengunjung pasar menunjukkan bukti vaksin -- Foto Ilustrasi 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR --- Pemprov DKI Jakarta mengapresiasi keputusan Perumda Pasar Jaya yang mewajibkan pedagang dan pengunjung pasar menunjukkan bukti vaksin.

Bagi mereka yang tidak mampu menunjukkan bukti vaksin berupa kartu, sms atau sertifikat, mereka dilarang masuk ke area pasar.

“Kebijakan yang disampaikan Dirut Pasar Jaya Pak Arief Nasrudin adalah usulan yang baik. Kita tahu di pasar tradisional itu sangan rentan karena terjadi interaksi antara pedagang dengan penjual,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI pada Senin (26/7/2021) malam.

“Jadi, tidak seperti di mal, karena di pasar kan gang-gangnya sempit. Kalau ada usulan demikian, usulan yang perlu dipertimbangkan dan diapresiasi, supaya juga mendorong masyarakat, pedagang, pembeli di pasar untuk segerakan melaksanakan vaksin,” tambah politikus Partai Gerindra ini.

Menurut Ariza, kebijakan ini sebetulnya bisa diterapkan di area mal.

Namun kata dia, hal itu merupakan hak pengelola mal dan asosiasi dalam mengeluarkan kebijakan.

“Di mal sebetulnya berbeda dengan di pasar, mal ini kan luas dan masyarakat atau komunitasnya tidak sebesar di pasar dan cukup menjaga jarak,” imbuhnya.

Meski begitu, Ariza meminta pihak mal tetap memberlakukan prokes pencegahan Covid-19.

Misalnya menjadi area wajib mengenakan masker, pengecekan suhu tubuh dan area cuci tangan sebelum masuk ke area mal.

“Kemudian setiap masuk ke toko-toko juga dibatasi jumlahnya. Untuk petugas menggunakan masker, face shield dan sebagainya. Jadi, relatif di mal tempat yang cukup baik menerapkan protokol kesehatan sejauh yang saya lihat,” imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved