Breaking News:

Berkat Dukungan Pertamina, Pengusaha Mikro Bordir Handmade Tembus Pasar Internasional

Pelatihan marketing termasuk platform digital, promosi serta kualitas ekspor dapat mempersiapkan produk Bina Bordir ke pasar internasional.

Editor: Ichwan Chasani
istimewa
Bina Bordir merupakan usaha yang bergerak di bidang Fashion & Craft Bordir, mengaplikasikan handmade bordir pada setiap produknya. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Sri Bina, pemilik UMK (Usaha Mikro dan Kecil) Bina Bordir di Kota Bandung telah merasakan banyaknya manfaat dan perkembangan pada usahanya setelah bergabung menjadi Mitra Binaan Pertamina sejak tahun 2016 lalu.

Ia banyak melakukan inovasi dan perubahan dalam hal pemasaran produk terutama untuk menembus pasar Asia dan dunia.

Bina Bordir merupakan usaha yang bergerak di bidang Fashion & Craft Bordir, mengaplikasikan handmade bordir pada setiap produknya dengan menggunakan mesin bordir manual dan mesin kecil kejek untuk membuat kerancang bordir.

Memproduksi prayer set mukena, perlengkapan tidur seperti sprei, selimut, bed cover, taplak meja, sarung bantal kursi, pakaian muslim, gamis, baju koko dan pakaian kebaya tradisional Indonesia.

“Awalnya hanya hobi mendesain motif bordir sendiri, tapi karena serius ditekuni akhirnya menjadi peluang bisnis,” tutur Sri.

Untuk setiap poduknya, Sri menerapkan desain original yang cantik, eksklusif dan menggunakan bahan yang berkualitas tinggi seperti sutra, katun, linen, semi sutra, semi polyester.

Bina Bordir merupakan usaha yang bergerak di bidang Fashion & Craft Bordir, mengaplikasikan handmade bordir pada setiap produknya.
Bina Bordir merupakan usaha yang bergerak di bidang Fashion & Craft Bordir, mengaplikasikan handmade bordir pada setiap produknya. (istimewa)

Ia juga menggandeng pengrajin lokal dengan membuat desain yang  mengombinasikan bordir dengan bahan bahan etnik seperti batik dan tenun, sehingga memberikan sumbangsih aneka ragam  karya Nusantara.

Setelah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina, Sri mengatakan bahwa UMK seperti usahanya banyak mendapatkan pendampingan dan pelatihan yang intensif dari Pertamina agar dapat terus berinovasi dan melakukan ekspansi usaha.

Pelatihan marketing termasuk platform digital, promosi serta kualitas ekspor dapat mempersiapkan produk Bina Bordir ke pasar internasional.

“Pengetahuan pemasaran digital maupun keikutsertaan dalam pameran-pameran lingkup nasional yang diberikan Pertamina sangat mendukung kemajuan usaha. Saya berharap promosi pameran luar negeri yang di agendakan Pertamina nantinya dapat membuka peluang pasar yang lebih besar untuk usaha saya,” ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved