Prakiraan Cuaca

UPDATE Prakiraan Cuaca Kamis 22 Juli 2021, BMKG: Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah Indonesia

DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan diprakirakan menghadapi hujan, Kamis, namun dengan intensitas yang lebih ringan.

@lApEndOStEriOs via @TMCPoldaMetro
BMKG memprakirakan, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa bagian wilayah Indonesia  pada Kamis (22/7/2021). Foto ilustrasi: Situasi lalin Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan saat hujan lebat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Memasuki pekan keempat di bulan Juli 2021, sejumlah wilayah di Indonesia diguyur hujan, bahkan hujan lebat dan disertai angin kencang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa bagian wilayah Indonesia  pada Kamis (22/7/2021).

Adapun wilayah yang akan dilanda hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang berpeluang terjadi di Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Untuk wilayah DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan diprakirakan menghadapi hujan, namun dengan intensitas yang lebih ringan.

Analisis BMKG menyebutkan, situasi siklonik, perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, serta terbentuknya daerah pertemuan angin atau konfluensi menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah Indonesia.

Situasi siklonik yang terpantau di perairan barat Sumatera Barat dan Bengkulu membentuk daerah pertemuan angin.

Baca juga: UPDATE Tinggi Muka Air Seluruh Pintu Air di Jakarta, Bogor dan Depok Kamis 22 Juli 2021

Baca juga: Pasien Covid-19 yang Meninggal saat Jalani Isoman di Sunter Agung Membeludak

Di samping itu, daerah konvergensi terpantau dari Aceh hingga Sumatera Utara, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, dari Kalimantan Tengah bagian utara sampai Kalimantan Utara,  Laut Flores, Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, Laut Banda, Laut Maluku, dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kemudian, BMKG juga menyampaikan peringatan dini mengenai potensi kejadian bencana banjir di wilayah Banten, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

BMKG: Update Prakiraan Cuaca di Wilayah Indonesia dalam Sepekan ke Depan

1. Potensi cuaca

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Baca juga: HOTMAN Paris Marah, Bareskrim Polri Selidiki Informasi soal Kartel Kremasi Jenazah Covid-19

Khususnya di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia.

Selain itu, terbentuknya belokan maupun pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dapat mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved