Olimpiade Tokyo

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan Pasangan Ganda Putra Tertua di Olimpiade Tokyo 2021

Di tengah persaingan para pemain muda berusia 20 tahunan, pasangan berjuluk The Daddies itu tercatat lolos ke 11 final turnamen BWF sepanjang 2019

Editor: Umar Widodo
badmintonindonesia.or
Pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan saat menjuarai ganda putra All England 2014 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi salah satu wakil Indonesia yang akan bersaing di Olimpiade Tokyo pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang meski dalam usia mereka yang tak lagi muda.

Dilansir dari Antara, dalam usia Hendra yang memasuki 37 dan Ahsan 34 tahun, pasangan peringkat kedua dunia itu menjadi ganda putra tertua di Olimpiade Tokyo nanti.

Sebetulnya ada beberapa pemain ganda putra lainnya yang juga melampaui usia lebih dari 30 tahun yang akan tampil di Tokyo, diantaranya Hiroyuki Endo (34), Keigo Sonoda (31), Takeshi Kamura (31), Andres Skaarup Rasmussen (32), Ivan Sozonov (32) dan Vladimir Ivanov (34).

Meski sudah melampaui usia emas mereka, Hendra/Ahsan justru seperti terlahir kembali dan mampu menunjukkan persaingannya di level elite dunia. 

Pada 2019 sejak keduanya menapaki karier bersama mulai dari nol pada 2018, setelah sempat dipisahkan karena Hendra keluar dari pelatnas pada 2017.

Di tengah persaingan para pemain-pemain muda berusia 20 tahunan, pasangan berjuluk The Daddies itu tercatat lolos ke 11 final turnamen BWF sepanjang 2019.

Di Olimpiade Tokyo ini, Ahsan/Hendra menjadi unggulan kedua dan Marcus/Kevin menjadi unggulan pertama, mereka akan saling mendukung demi Merah-Putih.
Di Olimpiade Tokyo ini, Ahsan/Hendra menjadi unggulan kedua dan Marcus/Kevin menjadi unggulan pertama, mereka akan saling mendukung demi Merah-Putih. (Humas PBSI)

Mereka bahkan sukses menyabet status juara dalam tiga ajang besar, yakni All England, Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis dan BWF World Tour Finals.

Berkat prestasi tersebut, Hendra/Ahsan pun berhasil menduduki peringkat kedua dunia sejak Agustus 2019 hingga sekarang.

Mereka mengungguli pemain-pemain muda, seperti Li Jun Hui/Liu Yu Chen (China), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) dan Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan).

Dengan menempati peringkat kedua dunia itu, Hendra/Ahsan menjadi salah satu wakil Indonesia yang lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo bersama kompatriot sekaligus juniornya Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Olimpiade Tokyo bakal menjadi penampilan kedua bagi Hendra dan Ahsan.

Sebelum dipasangkan pertama kali dengan Ahsan pada akhir 2012, Hendra mengawali kariernya bersama Markis Kido selama lebih dari 10 tahun.

Mereka mencatatkan prestasi apik hingga sukses meraih medali emas Olimpiade 2008 di Beijing.

Sayangnya, Hendra/Kido gagal mempertahankan medali emasnya karena gagal lolos ke Olimpiade 2012 London setelah menempati peringkat ke-12 dunia.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved