Sport

Ketum PP FPTI Yenny Wahid Ceritakan Kronologi 4 Atlet yang Terpapar Covid-19 Usai Tanding di Swiss

Ketum PP FPTI, Yenny Wahid, katakan ada empat atlet panjat tebing Indonesia yang terpapar Covid-19 usai mengikuti IFSC Climbing World Cup Villars.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Sigit Nugroho
Instagram
Atlet panjat dinding Indonesia Veddriq Leonardo terpapar Covid-19 usai tampil di kejuaraan IFSC Climbing World Cup Villars di Swiss. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PP FPTI, Yenny Wahid, mengatakan bahwa ada empat atlet panjat tebing Indonesia yang terpapar Covid-19 usai mengikuti kejuaraan IFSC Climbing World Cup Villars di Swiss.

Keempat atlet panjat tebing Indonesia yang dinyatakan positif Covid-19, yakni Christina Glorya Purba, Alfian M. Fadjri, Veddriq Leonardo, dan Desak Made Rita KD.

“Mereka itu baru mau pulang (ke Indonesia-red) setelah mengikuti kejuaraan panjat tebing di Villars. Tetapi begitu besoknya akan pulang dan tes naik pesawat, ternyata hasilnya positif 4 orang,” kata Yenny Wahid dikutip dari Tribunnews.com, Selasa (6/7/2021).

“Kemungkinan kena di airport atau tempat pertandingan tidak tahu. Sebab, mereka sempat transit di Turki. Kedua, mereka naik kereta dari Zurich dua jam. Setelah itu naik bus. Bisa jad,i kemungkinan kena di sana,” tutur Yenny Wahid.

Yenny Wahid menduga bahwa para atletnya terpapar Covid-19 varian delta yang penularannya sangat cepat.

Baca juga: Pemkot Bogor Tawarkan Penanganan Jenazah Covid19 Isolasi Mandiri, Klik Nomor Hotline di Sini

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Bangga Atlet Panjat Tebing Indonesia Kembali Berjaya di Kancah Internasional

Baca juga: Sosok Dwi Betik Yanto yang Sukses Menjadikan Rajiah Salsabila Atlet Panjat Tebing dari Tangsel

“Dan namanya varian delta cepat sekali. Katanya, kasus Australia saja jika berpapasan (dengan orang terpapar Covid-19) 20 detik saja bisa kena. Ini yang menjadi perlu jadi perhatian kita,"  betul,” ujarnya.

Kini, empat atlet yang dinyatakan positif beserta seluruh anggota kontingen Indonesia tengah menjalani karantina di Swiss.

Seperti diketahui, Veddriq Leonardo sukses mengharumkan Indonesia dengan menyabet medali emas speed putra dalam IFSC Climbing World Cup Villars.

Sementara itu, atlet Indonesia lainnya Kiromal Katibin juga membawa pulang medali yakni perunggu.

Sebelumnya, keempat atlet itu mengikuti kejuaraan IFSC Climbing World Cup Villars di Swiss.

Dari 16 anggota kontingen Indonesia, empat di antaranya dinyatakan Covid-19.

Salah satu anggota kontingen Indonesia yang dinyataka terpapar Covid-19, adalah peraih medali emas di ajang tersebut, Veddriq Leonardo.

“Saya baru saja mendapat kabar bahwa atlet panjat tebing Indonesia yang baru saja mengharumkan nama bangsa dengan mendapatkan medali emas dan perunggu di kejuaraan dunia di Swiss ternyata terkena Covid-19,” kata Yenny Wahid.

“Dari 16 anggota kontingen, empat orang positif. Salah satunya adalah Vedderiq Leonardo pencetak rekor dunia panjat tebing saat ini,” jelas Yenny Wahid.

Baca juga: 584 ULAMA Meninggal karena Covid-19, Kiyai Pengasuh Pesantren di Jawa dan Madura Diminta Waspada

Baca juga: PWNU DKI ajak warga Jakarta sukseskan vaksinasi Covid-19

Baca juga: Siapkan Skenario Terburuk, Luhut: Jangan Underestimate Indonesia Tidak Bisa Atasi Covid-19

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved