Breaking News:

Kesehatan

Anand Shetty Sebut Hanya Sedikit Penyandang Diabetes yang Berhasil Menurunkan Gula Darahnya

IDF Diabetes Atlas menyebutkan bahwa terdapat 10,7 juta orang dengan diabetes di Indonesia dan angka ini diperkirakan akan terus meningkat

Penulis: Lilis Setyaningsih | Editor: Dedy
Istimewa
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA --- Saat ini mata dunia sedang fokus pada penanganan penyakit menular Covid-19.

Namun, kematian akibat penyakit tidak menular juga tidak pernah turun.

Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), penyakit tidak menular (PTM) menyebabkan 41 juta kematian setiap tahun atau setara dengan 71 persen dari total kematian secara global.  

Dari semua penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian, secara global, diabetes merupakan salah satu dari empat penyakit tertinggi dan membunuh 1,5 juta orang.  

Di tahun 2019, sekitar 463 juta orang dewasa (20-79 tahun) hidup dengan diabetes dan akan meningkat menjadi 700 juta pada tahun 2045. 

Diabetes tetap menjadi epidemi yang berkembang di seluruh dunia dengan jumlah yang terus meningkat.

Vice President & General Manager Novo Nordisk Indonesia, Anand Shetty menyampaikan, data IDF Diabetes Atlas, Indonesia memiliki tingkat masalah kesehatan yang tinggi dan merupakan salah satu dari sepuluh negara di dunia dengan jumlah orang diabetes terbanyak per tahun 2019. 

Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan jumlah orang dengan diabetes absolut tertinggi di dunia.

IDF Diabetes Atlas menyebutkan bahwa terdapat 10,7 juta orang dengan diabetes di Indonesia dan angka ini diperkirakan akan terus meningkat menjadi 16,6 juta pada tahun 2045. 

Di sisi lain, pada tahun 2020, data BPJS menunjukkan bahwa hanya dua juta orang dengan diabetes yang terdiagnosis dan mendapatkan perawatan dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved