Breaking News:

Virus Corona

Kasus Covid-19 Melonjak, Stok Plasma Konvaselen PMI Kota Tangerang Semakin Menipis

Ketersediaan stok darah plasma konvalesen di PMI Kota Tangerang semakin menipis.Untuk itu ajak warga untuk donor plasma

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Dian Anditya Mutiara
Wartakotalive/Andika Panduwinata
Ketersediaan stok darah plasma konvalesen di PMI Kota Tangerang semakin menipis minta kesediaan warga untuk menyumbangkan, Jumat (25/6/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Ketersediaan stok darah plasma konvalesen di PMI Kota Tangerang semakin menipis.

Plasma konvaselen adalah darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh atau penyintas untuk membantu warga lainnya akibat terpapar virus corona.

“Kami mengajak kepada masyarakat yang pernah dan sembuh dari Covid-19 juga bisa melakukan donor darah plasma konvalesen di PMI Kota Tangerang,” kata Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah, Jum'at (25/6/2021).

Plasma Konvalesen juga harus ditingkatan, karena dengan plasma ini pasien covid-19 bisa teratasi selain dengan vaksin Covid-19.

Maka itu, stock plasma konvalesen juga harus sedia agar berimbang dengan permintaan.

Baca juga: Donorkan Plasma Konvalesen di Kantor PMI Kota Depok, Imam Budi Hasilkan 583 Mililiter

Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi Panik, Stok Darah Plasma Konvalesen Habis Akibat Lonjakan Kasus Covid-19

"PMI Kota Tangerang juga terus menjalankan donor Plasma Konvalesen, bahkan cara yang dilakukan PMI Kota Tangerang sudah bagus dengan cara satu pendonor plasma mengajak satu orang. Artinya, stock plasma Konvalesen bisa ada terus dan tidak kosong," ucapnya.

Oman  juga menuturkan, bagi masyarakat yang pernah terpapar Covid-19, PMI juga terus menyiadakan donor Plasma Konvalesen.

Donor ini dikhususkan bagi masyarakat yang sudah pernah dinyatakan positif Covid-19 serta dinyatakan sembuh dan yang akan diambil plasmanya untuk penawar pasien yang masih terpapar virus corona.

"Untuk plasma konvalesen dikhususkan untuk pasien yang dinyatakan sembuh. Jarak donor plasma ini adalah 4 Minggu, setelah orang tersebut dinyatakan sembuh atau negatif virus corona. Jadi bagi masyarakat yang sudah sembuh, kami persilahkan untuk melakukan donor plasma Konvalesen," kata Oman. 

Cara Kerja Plasma Konvalesen 

Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved