Breaking News:

HUT Kota Jakarta

Anies Apresiasi Eki Pitung yang Hadirkan 25 Sultan-Raja Nusantara saat Peringatan HUT Kota Jakarta

Anies Apresiasi Eki Pitung yang Hadirkan 25 Sultan-Raja se-Nusantara saat Peringatan HUT Jakarta. Berikut Selengkapnya

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dwi Rizki
wartakotalive.com/Fitriyandi Al Fajri
Anies Baswedan di Balaikota DKI Jakarta. . 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi upaya Muhammad Rifky alias Eki Pitung yang menghadirkan 25 sultan dan raja se-nusantara dalam peringatan HUT Jakarta ke-494.

Kegiatan yang digelar pada Rabu (23/6/2021) malam, ini dikemas dengan pengajian Badan Musyarawah (Bamus) Betawi dengan tema ‘Peradaban Islam dan Kebangkitan Spirit Perjuangan Fathahillah Inna Fathana Lakafatham Mubina’.

Demi menghindari kerumunan, Eki menggelar kegiatan secara hybrid yaitu melalui tatap muka di Jakarta Islamic Centre (JIC), Jakarta Utara dan virtual.

Secara bergantian puluhan raja dan sultan se-nusantara itu mengucapkan selamat ulang tahun sekaligus harapan kepada Kota Jakarta.

Dalam sambutannya secara virtual, Anies menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada penyelenggara, termasuk para sultan dan raja nusantara yang telah mengirimkan pesan selamat ulang tahun untuk Kota Jakarta.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Pondok Mitra Lestari Terus Bertambah, Pemda Diminta Pantai Isolasi Mandiri Warga

“Semua telah menorehkan sejarah, di mana pribadi ulet tangguh berakhlak mulia muncul menjadi pribadi yang menjaga sejarah perjalanan di masing-masing wilayah kita,” kata Anies dalam sambutannya.

Hal senada disampaikan penceramah Ustadz Haikal Hassan Baras. Pria yang biasa disapa Babe Haikal ini, menilai Jakarta bisa menjadi kota harapan setiap warga yang bermukim di Ibu Kota.

“Ulang tahun 494 kalau jadi angka itu dibaca asa. Artinya 494 ini Jakarta makin penuh harapan bagi warganya. Isnya Allah Jakarta maju kotanya dan bahagia warganya,” ujarnya.

Baca juga: Fanny Ghassani Jarang Sekali Pamerkan Foto Suaminya di Akun Media Sosial, Sedang Ada Masalah?

Sementara itu, Eki Pitung mengungkapkan, kehadiran puluhan raja dan sultan se-Nusantara serta alim ulama karena niat tulus dan ingin menjalin silaturahmi. “Dengan kalimat tauhid kita menyambut silahturahmi bersama rumpun Melayu,” ujar Eki Pitung.

Berdasarkan data yang diperoleh, sultan dan raja yang hadir langsung di JIC adalah Kesultanan Banten, Cirebon, Solo, Kubu (Kalimantan Barat), Kadariyah (Kalimantan Barat), Bone (Sulawesi Sslatan), Banjar (Kalimantan Barat), Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pangeran Jayakarta dan Pemangku Adat Papua Barat.

Sedangkan yang hadir secara virtual adalah Kesultanan Gowa (Sulawesi Selatan), Talo (Sulawesi Selatan), Jeneponto (Sulawesi Selatan), Takalar (Sulawesi Selatan), Maros (Sulawesi Selatan), Wajo, Sinjai, Bontoala, Sumenep (Madura), Lombok (Selaparang), Sukapura (Tasikmalaya-Jawa Barat), Aceh dan Indra Giri (Riau). (faf)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved