PB Wushu Indonesia

Menpora Zainudin Amali Buka Sirkuit Nasional Wushu Taolu Secara Virtual di Yogyakarta

Sirkuit Nasional Wushu Taolu ke-2 Tahun 2021 ini digelar di Yogyakarta mulai 19 – 26 Juni 2021 untuk mencari junior yang berprestasi

Penulis: Abdul Majid | Editor: Umar Widodo
Kemenpora.go.id
Menpora Zainudin Amali didampingi Ketum PB Wushu Indonesia Airlangga Hartatrto saat membuka “Sirkuit Nasional Wushu Taolu ke-2 tahun 2021” secara virtual, Sabtu (19/6/2021) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews,com, Abdul Majid

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali secara resmi membuka “Sirkuit Nasional Wushu Taolu ke-2 tahun 2021” secara virtual, Sabtu (19/6/2021) malam.

Acara Sirkuit Nasional Wushu Taolu ke-2 Tahun 2021 ini digelar di Yogyakarta mulai 19 – 26 Juni 2021.

“Ketua Umum PB Wushu dan hadirin sekalian, dengan senantiasa mengharapkan ridho dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu wa ta'ala, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Sirkuit Nasional Wushu Taolu ke-2 tahun 2021 dengan resmi saya nyatakan dibuka,” kata Menpora Zainudin Amali.

Menpora Zainudin Amali dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya sebagai pemerintah kepada Pengurus Besar Wushu Indonesia yang terus menyelenggarakan kegiatan walaupun masih dalam kondisi pandemi covid-19.

“Semangat insan Wushu Indonesia yang dipimpin oleh pak Ketua Umum Airlangga Hartarto tetap bergerak terus. Walaupun di tengah-tengah pandemi covid-19. Kreativitas dan inovasi-inovasi yang ditunjukkan oleh PB Wushu Indonesia dan Pengurus Provinsi sampai di tingkat Sasana. Tentu ini sangat membanggakan dan saya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga tentu sangat senang melihat ini,” ujar Menpora.

Menpora Zainudin Amali mewakili pemerintah mengucapkan terima kasih ke PB Wushu Indonesia ditengah pandemi masih bisa adakan Sirkuit Nasional dengan prokes ketat
Menpora Zainudin Amali mewakili pemerintah mengucapkan terima kasih ke PB Wushu Indonesia ditengah pandemi masih bisa adakan Sirkuit Nasional dengan prokes ketat (Kemenpora.go.id)

Terlebih, wushu masuk sebagai salah satu dari 14 cabang olahraga unggulan dalam Grand Design Olahraga Nasional yang tengah disusun Kemenpora dan berbagai stakeholder olahraga, akademisi, profesor dari berbagai perguruan tinggi dan pelaku olahraga.

Hal ini berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 lalu.

Pada acara tersebut, Presiden Jokowi ingin pola pembinaan atlet prestasi dan ekosistem olahraga nasional direview total.

Baca juga: Usai Terima Vaksin Covid-19 Kedua, Atlet Wushu Edgar Xavier Marvelo Ingin Jalani TC ke Luar Negeri

Baca juga: Di masa Pandemi Covid-19, Pengurus Besar Wushu Indonesia Gelar Kejurnas Secara Virtual

Baca juga: Ketum PB WI Apresiasi Sertifikasi Pelatihan Pelatih Wushu Tingkat Pratama yang Digelar Kemenpora

Pola pembinaan dirombak secara besar-besaran dengan melakukan pembinaan atlet sejak dini.

“Nah tertentu kami harus memfokuskan mana cabang olahraga yang akan kita dorong untuk bisa berprestasi di tingkat internasional. Kita tahu bahwa puncak prestasi tertinggi olahraga kita adalah olimpiade. Oleh karena itu, dari hasil diskusi tersebut kami akhirnya memutuskan kita akan berkonsentrasi kepada cabang-cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi,” ujar Menpora.

Lebih lanjut, Menpora Amali berharap hadirnya Sirkuit Nasional Wushu ini bisa mencetak atlet-atlet wushu berkualitas kedepannya.

“Maka Sirkuit Nasional Wushu kedua tahun 2021 ini saya setuju ini dijadikan tempat untuk memilih calon-calon atau talenta-talenta atlet junior kita. Dengan demikian, secara berkesinambungan. Kalau atlet-atlet senior sudah segera berakhir, maka tentu atlet-atlet junior menjadi pelapis yang bisa kita harapkan beberapa tahun kedepan,” pungkasnya.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved