Breaking News:

Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Covid-19, Rusun Nagrak Siapkan Velbed Untuk Tempat Tidur Pasien

Petugas di Rusun Nagrak menyiapkan velbed atau tempat tidur lipat untuk pasien Covid-19 yang dirawat di tempat itu.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet Letkol (Mar) drg. M. Arifin meninjau Rusun Nagrak untuk persiapan digunakan menampung pasien Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, CILINCING - Gladi bersih persiapan Rusun Nagrak, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara menjadi tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 digelar hari ini, Jumat (18/6/2021). 

Gladi bersih dilakukan Tim Satgas Covid-19 yang berada di bawah pimpinan Komandan Lapangan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Letkol (Mar) drg M Arifin.

Pantauan di lokasi, Arifin menjelaskan proses kunjungan pasien Covid-19 ketika Rusun Nagrak sudah digunakan sebagai tempat isolasi Covid-19.

Baca juga: Gelar Apel Pasukan Penanganan Covid-19 di Lapangan Monas Ini Seruan Gubernur DKI untuk Warga Jakarta

Setibanya pasien di lokasi, mereka akan diarahkan menuju loket pemeriksaan. Pasien ditanyakan terkait kondisi kesehatan mereka setelah hasil swab test menunjukkan hasil positif Covid-19.

Beralih ke lantai 2, Arifin menunjukkan kondisi unit-unit hunian yang nantinya akan digunakan untuk menampung pasien. Unit itu bertipe 36 dengan memiliki dua buah kamar. 

Nantinya pasien Covid-19 yang menjalani isolasi di Rusun Nagrak akan menggunakan tempat tidur lipat alias velbed yang difasilitasi BNPB. Setiap kamar telah terpasang satu buah velbed. 

Baca juga: Dahsyat, Tempat Tidur Pasien Covid-19 di RSUD Bekasi Sudah Ditambah Besoknya Langsung Terisi Penuh

"Sementara ini dulu, pakai velbed, namanya darurat, velbed dulu. Nanti dikasih bantal," ucap Arifin.

Setiap unit rusun juga tanpa pendingin ruangan meski dipastikan memiliki sirkulasi udara yang baik. Aliran air juga berfungsi baik saat dicoba menyalakan keran di kamar mandi dan wastafel.

Arifin menjelaskan Rusun Nagrak jadi alternatif tempat isolasi pasien Covid-19 setelah RSDC Wisma Atlet Kemayoran terisi 78,6 persen dari kapasitas yang ada per hari ini.

"Sesuai arahan kepala satgas memang hari ini saya diperintahkan untuk pengecekan sebelum benar-benar digunakan," ucap Arifin.

Baca juga: Jumlah Kasus Meningkat Drastis, Pekan Depan Rusun Nagrak Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Menurut Arifin, total ada lima tower di Rusun Nagrak yang bakal menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 dimana saat ini belum ditempati dan siap menampung pasien dalam waktu dekat.

"Satu tower ada 16 lantai, dan satu lantai 17 kamar," kata Arifin.

Meski sudah dipastikan siap digunakan, Satgas Covid-19 masih menunggu arahan pimpinan untuk kapan waktu yang tepat mengoperasikan Rusun Nagrak sebagai tempat isolasi mandiri.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved