Breaking News:

Anies Minta Perketat Prokes di Tempat Usaha Hingga Penindakan Tegas Bagi yang Melanggar

dengan sejumlah langkah pendisiplinan yang ditingkatkan, ini kasus Covid-19 di Jakarta menjadi lebih terkendali.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Agus Himawan
Humas Pemprov DKI
Bertempat di Lapangan Blok S, Jakarta, Minggu (13/6/2021) malam, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, ditemani Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji dan Kapolda Metro Jaya Irjen Muhammad Fadil Imran memberikan pengarahan pada apel penanganan Covid-19 Forkopimda DKI Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Lonjakan Covid-19 di Ibu Kota selama sepekan terakhir mencapai 7.000 orang. Atas dasar itu Satgas Covid-19 bakal rutin mengecek protokol kesehatan di tempat usaha di wilayah Ibu Kota. Demikian diungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, 

“Semua perkantoran harus evaluasi, bila pekerja lebih 50 persen kembalikan ke 50 persen. Kami akan melakukan pemeriksaan secara random, jadi ambil tanggung jawab,” kata Anies saat memimpin apel gabungan di lapangan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Minggu (13/6) malam.

Tidak hanya perkantoran, Anies juga memerintahkan petugas untuk mengecek jumlah pengunjung restoran, kafe dan rumah makan. Mereka wajib membatasi jumlah pengunjung maksimal 50 persen, memberikan pengaturan jarak dan menjadikan area tersebut wajib bermasker.

Baca juga: Minta Semua Pihak Tak Berpolemik soal Jalur Khusus Roadbike, Wahyu Dewanto: Lihat Sisi Positifnya

Baca juga: Kemungkinan IHSG Masih Koreksi Wajar, Simak Pilihan Saham Ini

“Kami akan melakukan operasi pemeriksaan ke semuanya. Jam operasi diikuti, jam 21.00 malam harus tutup, bila tetap buka kami akan disiplinkan, dan diberikan sanksi sesuai ketentuan, tidak ada perkecualian,” jelas Anies.

“Semuanya ambil tanggung jawab. Semua masyarakat yang harus bepergian jangan meninggalkan rumah. Tinggal di rumah saja, kecuali karena kebutuhan dasar dan karena mendesak,” tambahnya.

Anies berharap, dengan sejumlah langkah pendisiplinan yang ditingkatkan, ini kasus Covid-19 di Jakarta menjadi lebih terkendali. Di sisi lain, situasi mengkhawatirkan seperti saat ini bisa mereda.

“Ini adalah satu warning (peringatan) bagi semuanya. Mari kita ambil sikap bertanggung jawab,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anies mengatakan, kasus Covid-19 di Jakarta mengalami kenaikan yang sangat tajam dari 11.500 orang menjadi 17.400 dalam waktu sepekan. Selain itu, tingkat positivity rate juga naik dari sembilan persen menjadi 17 persen.

“Padahal di Jakarta kemampuan testing empat kali, dan pekan ini ditingkatkan delapan kali lipat, tapi tetap positivity ratenya tinggi. Ini menunjukkan di luar sana ada peningkatan kasus yang amat signifikan,” ucap Anies.

Dia lalu memaparkan, tingkat keterisian tempat tidur di Jakarta juga meningkat dari 45 persen pada 5 Juni menjadi 75 persen pada 13 Juni 2021. Untungnya, tingkat kematian di Jakarta relatif stabil atau tidak mengalami perubahan signifikan.

Baca juga: KPK Masih Koordinasi dengan BKN Saat Diminta Hasil TWK, Pegawai: Lalu yang di Lemari Besi Itu Apa?

Baca juga: Tingkah Lee Sang Woo Punya saat Nonton Adegan Ciuman Kim So Yeon dalam The Penthouse

“Kita menghadapi gelombang baru peningkatan kasus Covid-19 setelah musim libur Lebaran bulan lalu. Lonjakannya mulai dirasakan hari-hari ini bukan hanya di Jakarta tapi di berbagai wilayah di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu berdasarkan data dari Dinkes DKI Jakarta, kasus aktif Covid-19 di DKI Jakarta sampai Minggu (13/6/2021) menembus 17.444 orang. Mereka ada yang menjalani isolasi mandiri di rumah atau di fasilitas isolasi terkendali yang disediakan pemerintah, dan ada juga yang dirawat di RS rujukan.

Sedangkan kasus konfirmasi Covid-19 secara total di Jakarta sampai Minggu (13/6/2021) mencapai 448.071 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 423.056 orang dinyatakan sembuh dengan tingkat kesembuhan 94,4 persen dan 7.571 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,7 persen.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved