Breaking News:

Kampanye Donor Darah, Besok PMI DKI Jakarta Adakan Gowes Kemanusiaan

PMI DKI menggelar kegiatan Gowes Kemanusiaan dan Kampanye Donor Darah pada Minggu (13/6/2021) pagi. 

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Max Agung Pribadi
Wartakotalive/Desy Selviany
Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi di acara pembukaan peringatan hari donor darah sedunia, Minggu (6/6/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JATINEGARA - Kegiatan Gowes Kemanusiaan dan Kampanye Donor Darah akan dilaksanakan oleh PMI DKI Jakarta pada Minggu (13/6/2021) pagi. 

Kepala Markas PMI DKI Jakarta Edward Bachtiar mengatakan acara sepeda santai tersebut digelar dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia.

“Kita adakan kampanye mengajak masyarakat untuk berdonor untuk menjaga ketersediaan darah di PMI,” ucap Edward, Sabtu (12/6/2021). 

Baca juga: Sambut HUT DKI, PMI DKI Jakarta dan Sudin Dukcapil Jaksel Ajak Ratusan Orang Donorkan Darah

Pasalnya selama pandemi Covid-19 jumlah para pendonor mengalami penurunan yang signifikan dikarenakan masyarakat memiliki rasa khawatir tentang kondisi yang terjadi saat ini. 

Nantinya dalam acara gowes tersebut akan melibatkan sekitar 200 pesepeda untuk ambil bagian dalam kegiatan yang dimulai pada pukul 06.00 WIB. 

“Nah kita kampanyekan bahwa donor darah itu aman karena menerapkan protokol kesehatan,” ucap Edward. 

Baca juga: Peringati Hari Donor Sedunia, PMI DKI Jakarta Usung Tema Give Blood And Keep The World Beating

Rombongan 200 pesepeda itu akan dibagi jadi delapan kelompok dimana setiap kelompok ada 25 pesepeda untuk berangkat secara bergantian.

Mereka akan mengambil start dengan rute PMI Kwitang melalui Patung Kuda hingga Bunderan HI menuju PMI Kramat sebagai titik finish. 

“Kita batasi pemberangkatan, diatur 25 orang. Jadi nggak sekaligus sesuai protokol kesehatan. Nanti masuk ke jalur sepeda, nggak boleh keluar jalur,” tuturnya.

Baca juga: Peringatan Hari Donor Darah Sedunia, PMI Gandeng Anies Baswedan Kumpulkan 22 Ribu Kantong Darah

Pada titik-titik tertentu ada sejumlah kegiatan yang akan dilakukan, yaitu pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan golongan darah, pembentangan spanduk hingga pemberian stiker Hari Donor Darah Sedunia. 

Selain itu nantinya akan dilakukan kegiatan donor darah di PMI Kramat usai acara gowes. Peserta donor darah nantinya akan berjumlah 300 orang. 

“300 pendonor ini bisa juga yang ikut gowes dan komunitas sepeda tapi nggak ikut naik sepeda,” sambungnya. 

Baca juga: Sambut Hari Donor Darah Sedunia, PMI DKI Jakarta Beri Mawar untuk Para Pendonor

Pada saat bersamaan juga ada kegiatan donor darah di SMK 34 yang lokasinya berada persis di samping PMI Kramat. Targetnya ada 100 orang pendonor yang merupakan alumni sekolah. (jhs)

Adapun rute kegiatan Gowes Kemanusiaan dan Kampanye Donor Darah mengambil start di PMI Kwitang - Patung Kuda - Sarinah - Bunderan HI - hingga finish di PMI Kramat Raya. (jhs)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved