Breaking News:

Berita Video

VIDEO Pengurus RW 18 Perum Villa Mutiara Gading Bangun Dapur Umum untuk Warga Isoman

Dapur umum itu telah didirikan sejak Senin, 7 Juni 2021 setelah ditemukan sebanyak 33 warga perumahan tersebut positif corona

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI--- Pengurus Perumahan Villa Mutiara Gading 1, RW 018 Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan warga yang sedang isolasi mandiri di rumah.

Dapur umum itu telah didirikan sejak Senin, 7 Juni 2021 setelah ditemukan sebanyak 33 warga perumahan tersebut positif corona dampak dari acara hajatan atau resepsi pernikahan.

Keluarga dari yang terpapar corona itu atau warga yang kontak erat diminta melakukan isolasi mandiri meskipun hasil dari swab negatif.

"Ini karena di sini banyak yang terkena (Covid-19), makanya kita dirikan dapur umum supaya mereka tidak keluar untuk membeli makan," kata Koordinator Dapur Umum Perum Villa Mutiara Gading 1 RW 018, Giati, pada Kamis (10/6/2021).

Ia menjelaskan ada 23 Kepala Keluarga (KK) di wilayah ini yang terdampak Covid-19. Sehingga jika mereka harus keluar membeli makan khawatir akan merepotkan.

"Di sini ada 23 KK yang terdampak, jadi kalau semuanya keluar kan repot ya. Jadi kita inisiatif bangun dapur umum untuk konsumsi engga sampai menyusahkan mereka karena kan mereka isolasi," jelas dia.

Dalam sehari disiapkan tiga kali pemberian makan, pagi pukil 07.00 WIB, siang pukul 12.00 WIB dan sore pukul 17.00 WIB. Total ada 300 porsi makan berupa nasi dan lauknya yang disiapkan untuk warga isolasi mandiri.

Untuk menu makannya juga bervariasi, mulai dari nasi goreng, rendang, kentang, sayur sop, sayur asem hingga ayam. Rencananya dapur umum ini akan terus ada hingga 14 hari kedepan.

"Ada tiga kali masak, tiap kali masak itu untuk 100 porsi jadi satu hari 300 porsi," ucap dia.

Dia mengaku tidak ada kendala terkait ketersediaan bahan masakan. Sebab, pengurus bersama warga saling membantu, selain itu juga ada bantuan dari pihak Desa Setia maupun lembaga sosial lainnya.

"Alhamdulillah sejauh ini terpenuh, ada yang bantu dari berbagai pihak," imbuh dia.

Giati berharap agar para warga yang positif bisa segera pulih dengan hasil negatif corona. Sehingga penerapan micro lockdown dapat dibuka kembali.

"Semoha cepat sehat pulih dan bisa beraktifitas lagi serta terbuka lockdownya ini," tuturnya.

Pantauan Wartakotalive.com, para ibu-ibu saling membantu dalam menyiapkan menu makanan. Ada yang sibuk memasak, ada yang membungkus makanan itu dan bagian yang mengantarkannya ke rumah warga yang tengah isolasi mandiri.

Saat diantar, ibu-ibu memanggil warga di dalam rumah itu untuk mengambil makanan melalui depan gerbang rumah atau juga digantung di pagar rumah. (MAZ)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved