Breaking News:

Pilpres 2024

Megawati Dinilai Masih Berpeluang Besar Menang di Pilpres 2024

Megawati adalah pemegang hak prerogatif atau tiket pencalonan di Pilpres 2024, sebagaimana hasil Kongres V PDI-P di Bali tahun 2019 lalu.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Hertanto Soebijoto
Istimewa
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dinilai masih berpeluang besar memenangi kontestasi Pilpres 2024 mendatang, jika ia maju menjadi capres. 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI -- Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dinilai masih berpeluang besar memenangi kontestasi Pilpres 2024 mendatang, jika ia maju menjadi capres.

Apalagi Megawati adalah pemegang hak prerogatif atau tiket pencalonan di Pilpres 2024, sebagaimana hasil Kongres V PDI-P di Bali tahun 2019 lalu.

Sebagai pemegang tiket di pilpres, Megawati punya peluang besar untuk maju dan memenangi kontestasi 2024 mendatang dimana tidak ada calon dari incumbent.

Hal itu dikatakan Direktur Promega Centre, Mochtar Mohammad, Senin (7/6/2021) malam.

“PDI Perjuangan memiliki 128 kursi di DPR RI, sedangkan syarat untuk tiket pilpres atau presidensial threshold adalah 115 kursi atau 20 persen dari jumlah kursi di DPR RI. Artinya, PDI Perjuangan adalah satu-satunya partai yang sudah siap tiket di Pilpres,” kata Mochtar Mohammad.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan hasil konsinyering dan kesepakatan bersama Komisi II DPR RI, Pemerintah, KPU, Bawaslu, dan DKPP, pemungutan suara pileg dan pilpres dilaksanakan pada 28 Februari 2024. 

Baca juga: Cerita Megawati Soal Soekarno Panik Disuruh Menunggang Kuda Saat HUT Angkatan Perang Indonesia

Baca juga: Megawati Minta Kader Se-Indonesia Jadikan Kantor Partai sebagai Tempat Ekspresi Kebudayaan

Tahapan mulai dilakukan 25 bulan sebelum pemungutan suara, yakni Maret 2022.

Mochtar menyampaikan beberapa alasan kuat kenapa Megawati masih berpeluang untuk maju
di Pilpres 2024

Pertama, selain karena Megawati merupakan pemegang tiket pencalonan sebagaimana amanat kongres, beliau adalah figur sentral di PDI Perjuangan.

"Kedua, beliau berpengalaman menjadi Presiden dan berhasil mengatasi krisis ekonomi dampak dari krisis ekonomi tahun 1998," katanya.

Baca juga: Ganjar Nyatakan Tak Terlibat Dukungan Pencapresan Dirinya, Serahkan Pemilihan Capres Kepada Megawati

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved