Breaking News:

Pariwisata

Kecelakaan Demi Kecelakaan Terjadi di Destinasi Wisata, Ini Kata Sandiaga Uno

Sandiaga Uno tak ingin peristiwa kecelakaan di destinasi wisata terulang dengan mendorong kedisiplinan penerapan CHSE.

istimewa
Menparekraf Sandiaga Uno tidak ingin peristiwa kecelakaan di destinasi wisata terulang dengan mendorong kedisiplinan penerapan protokol kebersihan, kesehatan, keamanan dan ramah lingkungan atau CHSE. Foto dok: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. 

WARTAKOTALIVE.COM, YOGYAKARTA -- Akhir-akhir ini kecelakaan demi kecelakaan di destinasi wisata mengundang keprihatinan banyak pihak, tak terkecuali Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Beberapa peristiwa kecelakaan di destinasi wisata itu, antara lain, di Waduk Kedung Ombo, Boyolali, Jawa Tengah beberapa waktu lalu, kemudian kecelakaan laut di sekitar Pantai Sambolo Dua Kawasan Anyer, Kabupaten Serang, serta ambruknya jembatan di destinasi wisata Geosite Kabui di kabupaten Raja Ampat, Papua.

Sandiaga tidak ingin peristiwa kecelakaan di destinasi wisata terulang dengan mendorong kedisiplinan penerapan protokol kebersihan, kesehatan, keamanan dan ramah lingkungan atau CHSE.

Video: Kecelakaan Perahu Terbalik di Waduk Kedung Ombo, 9 Orang Masih Hilang

"Dalam protokol CHSE yang kami sertifikasi di destinasi-destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif, kami harus pastikan penerapan CHSE secara ketat dan disiplin," kata Sandiaga di Sleman, Jumat (4/6/2021) malam.

Menurut Sandiaga, peristiwa kecelakaan yang terjadi di sejumlah objek wisata seperti di Waduk Kedung Ombo, di sekitar Pantai Sambolo Dua Kawasan Anyer,  serta ambruknya jembatan di Geosite Kabui, Raja Ampat cukup menjadi pelajaran bersama.

"Merupakan satu pengingat bagi kita semua bahwa kita harus tingkatkan protokol CHSE dan kepatuhan kita terhadap CHSE di setiap destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif," ujar dia.

Baca juga: Penyebab Perahu Terbalik di Waduk Kedung Ombo Terungkap, yakni Penumpang Nekat Selfie Pindah Posisi

Baca juga: Tim SAR Baru Temukan 3 Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedung Ombo, Air Keruh Berlumpur Jadi Kendala

Sederet peristiwa kecelakaan pariwisata itu, kata Sandiaga, selain menjadi bahan kajian, Kemenparekraf langsung merespons cepat melalui upaya preventif dan antisipatif.

"Seperti di Boyolali, kami langsung berkoordinasi untuk memastikan destinasi tersebut ditutup sementara, disterilkan, dilakukan penelitian apa yang terjadi," kata dia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved